PolitikTulang Bawang

Sambut Tahun Baru, TPC dan Relawan Tuba Hibur Warga dengan Kuda Lumping

57
×

Sambut Tahun Baru, TPC dan Relawan Tuba Hibur Warga dengan Kuda Lumping

Sebarkan artikel ini

Tulang Bawang (LB): Tim Pemenangan Cabang (TPC) dan Relawan Ganjar-Mahfud menggelar pertunjukan kesenian kuda lumping di Kampung Agung Dalem, Kecamatan Banjar Margo, Minggu (31/12/2023).

Gelaran ini merupakan sebuah pertunjukan untuk merefleksikan semangat juang serta simbol perlawanan pasukan berkuda Pangeran Diponegoro melawan penjajah Belanda. Atraksi kuda lumping juga sebagai bentuk perlawanan kaum non-militer terhadap pasukan Belanda.

Gerakan dalam kuda lumping mencerminkan semangat heroisme pasukan berkuda yang terlihat dari gerakannya yang ritmis, dinamis, dan agresif dengan mengibaskan anyaman bambu menirukan gerakan kuda di medan perang, diiringi tarian ayunan pecut dan pedang kayu sebagai simbol perlawanan “wong cilik” untuk membela hak yang terjajah.

“Kami mewakili rekan-rekan TPC dan Relawan Ganjar-Mahfud sangat bahagia bisa hadir membersamai masyarakat melepas Tahun 2023 yang segera kita lewati bersama nanti malam dan menyambut Tahun Baru 2024 beberapa jam ke depan,” ucap Guntur Sumedi, penanggung jawab kegiatan.

“Hiburan Kuda Lumping merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan. Tarian kuda lumping ini simbol jiwa patriotisme kaum non-militer dalam baktinya kepada bangsa dan negara dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa,” ujar perwakilan Tim Relawan IM Ganjar Tulang Bawang.

Dalam gelaran acara tersebut tampak hadir tokoh dan para caleg bersama warga dan relawan Ganjar – Mahfud dari berbagai organ relawan yang ada di Tulang Bawang.

Hadir juga Heri Lukas dari Relawan Rumah Kita, Anggota Bhabinkamtibmas beserta unsur Bawaslu Tulang Bawang yang diwakili Anggota Panwaslucam Banjar Margo dan Anggota PKD Kampung Agung Dalem. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *