Olah Raga

Indonesia Cetak Sejarah ke Putaran Tiga Piala Dunia, Ini Daftar 18 Tim Asia yang Lolos

85
×

Indonesia Cetak Sejarah ke Putaran Tiga Piala Dunia, Ini Daftar 18 Tim Asia yang Lolos

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung (LB): Indonesia mencetak sejarah dengan lolos ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Gol kemenangan Indonesia dicetak Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho di menit ke-56. Tim asuhan Shin Tae-yong menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang lolos ke babak ketiga.

Selanjutnya Tim Garuda akan bersaing dengan 17 tim Asia lainnya yang berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk memperebutkan delapan tiket otomatis ke turnamen yang akan digelar di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko tersebut.

Di babak ketiga, Pasukan Merah Putih akan bersaing dengan tim-tim raksasa Asia, seperti Qatar, Jepang, Korea Selatan, China, Korea Utara, Iran, Arab Saudi, Irak, Uni Emirat Arab, hingga Australia. Selain itu, ada pula Palestina, Bahrain, Yordania, Uzbekistan, Oman, Kyrgyzstan, dan Kuwait yang juga tak boleh dipandang remeh.

18 tim tersebut nantinya akan dibagi dalam tiga grup berisi enam tim yang akan bertanding dalam sistem kandang-tandang.
Juara dan runner-up dari setiap grup dipastikan lolos langsung ke Piala Dunia 2026, sementara peringat 3-4 akan kembali berkompetisi memperebutkan jatah dua tiket lolos otomatis yang tersisa dan satu slot playoff.

Undian pembagian grup akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada 27 Juni mendatang. Sementara ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dimulai September 2024 hingga Juni 2025.

18 tim Peserta Putaran Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

  1. Qatar
  2. Kuwait
  3. Jepang
  4. Korea Utara
  5. Korea Selatan
  6. China
  7. Oman
  8. Kyrgyzstan
  9. Iran
  10. Uzbekistan
  11. Irak
  12. Indonesia
  13. Arab Saudi
  14. Yordania
  15. Uni Emirat Arab
  16. Bahrain
  17. Australia
  18. Palestina. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *