PendidikanPesawaran

Top! 26 Siswa SMAN 1 Padang Cermin Lolos SBNP 2024, Paling Banyak Se-Pesawaran

72
×

Top! 26 Siswa SMAN 1 Padang Cermin Lolos SBNP 2024, Paling Banyak Se-Pesawaran

Sebarkan artikel ini

Pesawaran (LB): Sebanyak 26 siswa SMAN 1 Padang Cermin Pesawaran, Lampung berhasil lolos ke perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Tahun 2024.

Keberhasilan SMAN 1 Padang Cermin mengantarkan 26 siswanya lolos ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBP ini menjadi prestasi tersendiri sekaligus mengukuhkan SMA ini sebagai yang terbaik di di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung karena jumlah siswanya yang lolos SNBP 2024 paling banyak di banding sekolah lain yang ada di Kabupaten Pesawaran.

“Alhamdulillah SMAN 1 Padang Cermin mendapatkan posisi tertinggi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) lewat jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tingkat SMA di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Semoga ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus menjadi semakin baik serta mampu meraih trust dari masyarakat bahwa sekolah ini memang layak menjadi tujuan bagi para calon peserta didik,” ucap Kepala SMAN 1 Padang Cermin, Tamzir Zamka, M.Pd, Sabtu (30/3/2024).

Tamzir juga mengungkapkan dari 40 siswa yang mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBP Tahun 2014, tercatat 26 siswa dinyatakan lulus di berbagai perguruan tinggi.

“Dibandingkan tahun lalu, tahun ini ada peningkatan jumlah siswa yang lolos SNBP. Syukur Alhamdulilah ada 26 siswa kita yang lulus SNBP di perguruan tinggi negeri,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan berdasar data resmi sekolah, tercatat siswa yang lolos SNBP Tahun 2024 terdapat di Universitas Lampung (Unila), Institut Teknologi Sumatra (ITERA), Politeknik Negeri Lampung (Polinela) dan Universitas Negeri Padang.

Selanjutnya dia menyampaikan, seluruh warga SMAN 1 Padang Cermin Pesawaran dan berbagai instansi pendukung terus berupaya menciptakan potensi siswa berprestasi dari berbagai pelaksanaan program kegiatan sekolah, terutama prestasi akademik dan non akademik.

“Bersama-sama seluruh warga sekolah, kami terus berupaya menciptakan potensi siswa berprestasi dengan daya dukung dari orang tua siswa, dewan guru, dan perguruan tinggi. Sinergisitas dan kolaborasi ini akan terus kita jaga dan tingkatkan agar kualitas sekolah ini semakin baik dari waktu ke waktu,” ucap Tamzir.

“Termasuk anak didik kami juga meraih Juara Umum pada ajang olimpiade Pramuka untuk level SMA/SMK se-Provinsi Lampung yang diadakan SMTI Bandar Lampung, dengan memperebutkan trofi bergilir Kementerian Perindustrian,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum (Waka Kurikulum) SMAN 1 Padang Cermin Feri mengatakan pada 2024 ini SMAN 1 Padang Cermin mendapatkan posisi tertinggi lewat jalur SNBP tingkat SMA se-Kabupaten Pesawaran. Capaian ini, ucapnya, menjadi cambuk bagi sekolahnya untuk terus berupaya memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak secara intens pada pelaksanaan program kegiatan tersebut.

“Dibandingkan 2023 tercatat 21 siswa SMAN 1 Padang Cermin yang lulus lewat SNBP dan tahun ini meningkat menjadi 26 siswa yang lulus SNBP dan berhasil masuk di berbagai perguruan tinggi. Tentu ini hal yang menggembirakan bagi kita semua, tapi di sisi lain memberikan tanggung jawab yang lebih besar untuk menjaga prestasi sekolah ini agar kualitasnya terus terjaga. Ini cambuk bagi kami,” kata Feri.

Sementara itu, Waka Humas SMAN 1 Padang Cermin, Saprudin, M.Pd.I. menyampaikan 26 siswa yang lulus SNBP di perguruan tinggi bergengsi itu merupakan hasil kerja keras seluruh keluarga besar SMAN 1 Padang Cermin.

“Semua capaian ini prestasi yang kita raih ini merupakan hasil kolaborasi dan kerja bersama seluruh keluarga besar SMAN 1 Padang Cermin, termasuk juga raihan Juara Umum Olimpiade Pramuka Tingkat Provinsi Lampung yang berhasil membawa pulan trofi bergilir Kementerian,” ujar Saprudin.

“Alhamdulillah orang tua wali murid, guru, dan tenaga kependidikan saling support dan bergandengan tangan, bekerja bersama menyiapkan peserta didik di berbagai even dan program kegiatan sehingga mampu meraih prestasi yang menjadi kebanggaan para orang tua dan sekolah,” katanya menambahkan.

Sementara itu, menanggapi prestasi yang diraih SMAN 1 Padang Cermin, Ketua Komite Khairul, memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran SMAN 1 Padang Cermin yang telah bekerja keras sehingga mampu mengharumkan Kabupaten Pesawaran dengan torehan beragam prestasi membanggakan.

“Komite SMAN 1 Padang Cermin sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas prestasi yang membanggakan ini. Semoga proses pembelajaran di sekolah ini yang telah mengantarkan peserta didik menuju prestasi yang membanggakan bisa menjadi teladan dan motivasi bagi adik kelasnya untuk terus menjaga marwah sekolah ini di masa depan sehingga kualitas sekolah ini semakin baik yang dibuktikan dengan taburan prestasi di semua lini; akademik maupun non akademik. Selamat dan terima kasih kepada para guru yang telah membimbing anak-anak kita sehingga mampu mengharumkan nama almamaternya juga Kabupaten Pesawaran,” tandasnya.

Sementara itu berdasarkan pengumuman yang disampaikan Universitas Lampung Sebanyak 2.611 siswa dinyatakan lolos Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Tahun 2024 di Universitas Lampung (Unila) dari 24.805 peminat.

Hal itu disampaikan Universitas Lampung pada konferensi pers yang digelar untuk mengumumkan rekapitulasi hasil Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024 di Ruang Sidang Utama Lt. 2 Gedung Rektorat, Selasa (26/3/2024) Pukul 15.30 WIB.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unila, Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T., saat membuka acara mengucapkan selamat kepada para siswa yang berhasil lolos melalui jalur SNBP. Dia juga memotivasi siswa yang belum berhasil untuk mencoba mendaftar di Unila melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang saat ini telah dibuka.

“Jalur SNBP berkontribusi sebesar 20,66 persen terhadap daya tampung Unila yang berjumlah 9.815 orang,” ujarnya. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *