oleh

Pengawas Proyek Pengerjaan Jalan Beri Klarifikasi Terkait Pemberitaan Media

PESAWARAN (LB): Pengawas proyek pengerjaan jalan hotmix sepanjang 900 meter milik Provinsi Lampung di ruas jalan Kedondong, Desa Cimanuk, Kecamatan Way Lima, Petrus, memberikan klarifikasi terkait adanya pemberitaan bahwa proyek tersebut dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai RAB.

Petrus membantah bahwa pengerjaan jalan hotmix tersebut asal jadi. Menurutnya, semua sudah dikerjakan sesuai ketentuan, termasuk ketebalan aspal.

“Proyek jalan ini kan pengerjaannya dua hari, yakni Rabu dan Kamis, 13-14 September. Pemberitaan itu muncul di Hari Rabu, padahal pengerjaannya memang belum selesai. Pada Hari Rabu itu aspalnya baru sekali siram, kemudian hari Kamisnya kita siram lagi dan titik-titik yang dianggap kurang sudah kita bagusin semua,” ungkap Petrus kepada media ini, Rabu (21/9/2022).

Meskipun demikian, Petrus mengucapkan terima kasih kepada wartawan dan media yang sudah melakukan tugas jurnalistiknya dengan baik. Dia juga menyadari bahwa tugas wartawan adalah mengingatkan sekaligus melakukan kontrol.

“Sebagai pengawas proyek ini saya sangat memahami tugas seorang jurnalis, salah satunya adalah melakukan kontrol. Kami mengucapkan terima kasih atas hal tersebut, mari sama-sama bangun Pesawaran ini supaya lebih baik,” tegasnya.

Menanggapi adanya pertanyaan mengapa pengerjaannya dilakukan malam hari? Petrus menjelaskan ruas jalan Kedondong adalah salah satu jalan yang cukup sibuk dengan volume kendaraan yang cukup padat sehingga jika pengerjaannya dilakukan siang hari maka akan mengganggu aktivitas masyarakat karena menyebabkan kemacetan.

“Ada pertanyaan kok dikerjakan malam, gitu kan. Penjelasannya gini, ruas jalan dari Gedong Tataan ke Kedondong itu cukup sibuk. Kendaraan yang lewat juga lumayan padat. Nah agar tidak membuat kemacetan dan tidak mengganggu kegiatan masyarakat maka kita kerjakan malam. Kalau untuk kualitas pekerjaan bisa dilihat langsung tidak ada yang kita tutupi,” ucapnya.

Sebelumnya diinformasikan warga Desa Cimanuk, Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran, gembira campur heran terkait pengerjaan proyek jalan hotmik yang dikerjakan tengah malam. Selain tidak ada  papan Informasi Pekerjaan proyek,  pembangunan jalan raya jalan Provinsi itu dikerjakan asal jadi.

“Kami warga Desa Cimanuk, Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran bahagia tapi campur sedih. Kami bahagia jalan mulai dibangun tapi sayangnya kualitasnya meragukan,” kata warga di lokasi proyek, tengah malam 13 September 2022.

Dari pantauan tim media di lapangan saat berlangsung pekerjaan gelar hotmik yang di laksanakan pada pukul 24:00 tanggal 13 September 2022 sampai selesai menjadi tanda tanya bagi masyarakat setempat.

“Kami bingung ini proyek siapa, dikerjakan tengah malam tidak adanya keterbukaan informasi publik. Ketebalan hotmix juga tidak sesuai dengan ketentuan jalan hotmix,” kata Uddin di lokasi proyek. (ansori)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.