NasionalPertahanan Keamanan

Membelot Dukung OPM, Desertir TNI Tewas Ditembak Pasukan Gabungan

118
×

Membelot Dukung OPM, Desertir TNI Tewas Ditembak Pasukan Gabungan

Sebarkan artikel ini

Paniai (LB): Anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang ditembak mati aparat TNI-Polri di Paniai, Papua Tengah, teridentifikasi bernama Danis Murib, seorang anggota TNI desertir sejak April 2024 yang membelot mendukung OPM.

Beredar foto Danis saat masih menjadi prajurit TNI AD terlihat memakai baju loreng TNI lengan pendek dan celana loreng berfoto sambil memasukkan tangan di saku celana sembari tersenyum.

Sementara foto lainnya, menunjukkan setelah dia bergabung dengan OPM. Tampak Danis yang berambut pendek dan memelihara brewok, memakai baju lengan panjang warna hitam dan celana pendek serta kalung warna kuning hitam. Terlihat di sampingnya ada senjata api laras panjang.

“Terkonfirmasi beridentitas Danis Murib,” kata Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III Letjen TNI Richard Tampubolon, Senin (17/6/2024).

Richard mengungkapkan Danis Murib adalah prajurit TNI anggota Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya
berpangkat prajurit dua (Prada).

“Danis Murib telah melaksanakan kelana yudha dengan meninggalkan Pos Moanemani Baru di wilayah Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah pada 14 April 2024 Pukul 10.20 WIT lalu,” ujarnya.

Sebelumnya, aparat menggerebek markas KKB di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah pada Jumat (14/6/2024). Setelah itu, tim gabungan TNI-Polri melakukan penyisiran di markas KKB hingga menemukan mayat Danis Murib.

Diketahui, tim gabungan melakukan pengejaran terhadap OPM yang dikomandoi Undius Kogoya yang telah membunuh dan membakar warga sipil seorang sopir angkot bernama Rusli (40) di Distrik Paniai Timur, beberapa waktu lalu. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *