Brigif 4/BS Marinir

Yonif 9 Marinir Capai Bintara Utama Teladan Tingkat TNI AL Tahun 2023

50
×

Yonif 9 Marinir Capai Bintara Utama Teladan Tingkat TNI AL Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

Surabaya (LB): Yonif 9 Marinir meraih penghargaan Bama Teladan dalam even perdana seleksi Bintara Utama (Bama) Satuan tingkat TNI AL Tahun 2023.

Penghargaan Bama Teladan diserahkan langsung Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali dalam Upacara HUT Ke-78 TNI AL yang berlangsung di Dermaga Ujung Madura, Koarmada II, Surabaya, Senin (11/9/2023).

Untuk Level Pelaksana Bintara Utama (Bama) di satuan-satuan pendirat atau kapal perang memiliki peran penting untuk mengatur para Anggota atau ABK dalam pelaksanaan tugas di satuan tersebut. Bintara Utama (Bama) merupakan jabatan penting di satuan. Selain sebagai Bintara Tertua di satuan/kapal, Bama juga harus dapat mengatur dan mengkoordinasikan seluruh prajurit Bintara dan Tamtama dalam melaksanakan tugasnya di masing-masing bagian.

BRIGIF 4 MAR/BS merasa bangga bisa mendapat 2 penghargaan sekaligus yang diserahkan KASAL. Kedua Penghargaan yang diraih yaitu: Juara 1 Batalyon Teladan dan Juara 1 Bintara Utama (Bama) Teladan Tahun 2023 Tingkat TNI AL.

Seleksi Bama di tingkat TNI AL baru pertama kali dilaksanakan pada 2023 ini, sehingga memberi warna tersendiri saat HUT TNI AL rutinitas tahunan pemberian penghargaan selain kepada peraih Batalyon/Satuan/KRI Teladan dan Tamtama Teladan tingkat TNI AL.

Perwakilan Yonif 9 Marinir, Serka Mar. Fahrur Rozi adalah Bintara dari Prajurit Karir Tahun 2011. Serka Mar. Fahrur Rozi Bak memiliki sertifikasi Pelatih Menembak Kualifikasi Tahun 2017. Bama tersebut berasal dari Gurah, Kabupaten Kediri, lulusan SMK Kartanegara Kediri Tahun 2010.

Mencapai predikatnya bukan perjalanan mudah, selain memiliki loyalitas dan dedikasi tinggi di satuan, Fahrur Rozi berhasil menyisihkan Bama-bama dari satuan-satuan TNI AL lainnya, seperti dari Batalyon Marinir, Satuan-Satuan Pendirat dan KRI seluruh Indonesia.

Beragam materi tes harus dilewati, di antaranya tes psikologi, tes kesehatan (urikes), tes akademik, tes menembak dan tes keterampilan meliputi: Praktek P5T, bongkar pasang senjata, praktek tiup peluit, dasar tali temali, tes kesamaptaan jasmani dan postur, tes wawancara, Penampilan serta Pantukhir.

Brigif 4 Mar/BS, sebagai Komando atas Yonif 9 Marinir cukup berbangga di usia TNI AL ke-78 ini, karena mendapatkan 2 penghargaan sekaligus yang diserahkan KASAL. Kedua Penghargaan yang diraih yaitu: Juara 1 Batalyon Teladan dan Juara 1 Bintara Utama (Bama) Teladan Tahun 2023 Tingkat TNI AL. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *