Info UnilaPendidikan

Unila Masuk Tiga Besar Universitas Terbaik di Sumatra Versi QS World University Rankings 2024

17
×

Unila Masuk Tiga Besar Universitas Terbaik di Sumatra Versi QS World University Rankings 2024

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung (LB): Universitas Lampung masuk tiga besar universitas terbaik di Sumatra versi Quacquarelli Symonds atau QS World University Rankings (QS WUR) Edisi Ke-20 Tahun 2024. Pengumuman hasil pemeringkatan ini dilakukan pada Selasa (27/7/2023).

QS merupakan salah satu sistem pemeringkatan yang diakui Dikti selain THE (Times Higher Education). QS World University Rankings merupakan pemeringkatan satu-satunya yang menekankan terhadap kelayakan kerja dan keberlanjutan pada 1.500 institusi di 104 lokasi di dunia.

Pemeringkatan ini juga mengevaluasi kinerja universitas di seluruh dunia berdasarkan beberapa indicator; reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, sitasi per fakultas, rasio fakultas/mahasiswa, proporsi fakultas internasional, proporsi mahasiswa internasional.

Dalam pemeringkatan tahun ini, QS WUR menerapkan peningkatan metodologi terbesarnya dengan menambahkan tiga metrik baru, yaitu keberlanjutan, hasil ketenagakerjaan, dan jaringan riset internasional. Metrik-metrik ini bertujuan mengukur dampak sosial dan lingkungan dari universitas, serta kualitas dan kuantitas kolaborasi riset lintas negara.

Unila berhasil menempati peringkat 1401+ dunia bersama dengan tiga universitas lainnya dari Indonesia, yaitu Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Udayana (Unud). Selanjutnya diikuti Universitas Kristen Petra, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Universitas Mataram.

Hasil penilaian diambil dari analisis 17,5 juta makalah akademik dan pendapat ahli dari lebih dari 240.000 fakultas akademik dan pemberi kerja. Pemeringkatan edisi ke-20 ini hadir pada saat prioritas dalam pendidikan tinggi sedang berkembang. QS memiliki posisi istimewa sebagai titik penghubung di sektor pendidikan tinggi – terhubung dengan jutaan siswa, ratusan ribu akademisi dan pemberi kerja, serta ribuan institusi di seluruh dunia.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., mengatakan, pencapaian ini merupakan buah dari kerja keras seluruh sivitas akademika Unila dalam meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ia berharap, Unila dapat terus berkontribusi secara positif bagi pembangunan nasional dan global.

“Kami sangat bersyukur dan bangga atas prestasi ini. Ini menunjukkan Unila telah mampu bersaing di tingkat internasional dan mendapatkan pengakuan dari lembaga pemeringkat yang kredibel. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkolaborasi dengan Unila dalam berbagai bidang. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan mutu Unila sebagai universitas unggul dan berdaya saing,” ujarnya. (unl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *