Lampung UtaraPendidikan

Pertama di Lampura! Gandeng 4 Institusi, SMANSA Muli Terapkan Program ‘Double Track’

33
×

Pertama di Lampura! Gandeng 4 Institusi, SMANSA Muli Terapkan Program ‘Double Track’

Sebarkan artikel ini

Lampung Utara (LB): SMAN 1 Abung Semuli (SMANSA Mulai) Lampung Utara Provinsi Lampung menandatangani kesepakatan kerja sama (MoU) dengan empat instusi di Provinsi Lampung dalam rangka pelaksanaan Program Double Track SMAN 1 Abung Semuli Tahun 2023/2024, Jumat (28/7/2023).

Keempat institusi yang melakukan penandatanganan MoU yaitu SMKN 1 Abung Selatan (Tata Boga), SMK Muhammadiyah Abung Semuli (Otomotif Dasar), Nice Beauty Class (Tata Rias) BE Production (Multimedia).

Kepala SMAN 1 Abung Semuli Iryana Febriza Wardhani, M.Pd. mengatakan mulai tahun ini sekolah yang dipimpinnya melaksanakan program Double Track dengan tujuan untuk memberikan keterampilan kepada peserta didik yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi.

“SMA double track adalah SMA yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) reguler dan menyelenggarakan kegiatan pembekalan keterampilan secara berdampingan dengan memanfaatkan kearifan lokal. Program ini merupakan program pemerintah,” ujarnya.

Iryana berharap dengan adanya penandatangan MoU ini maka siswa-siswi SMAN 1 Abung Semuli yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi memiliki bekal untuk menyambut masa depan.

“Dengan program ini, siswa yang tidak melanjutkan ke universitas bisa memiliki skill untuk memasuki dunia kerja atau menciptakan lapangan pekerjaan,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Abung Selatan Junaidi, M.Pd. mengatakan nanti peserta didik akan diberi pelatihan atau pembelajaran praktek keahlian selama enam bulan. Setelah melaksanakan pelatihan, para peserta akan mendapat sertifikat.

FOTO BERSAMA. Kepala SMAN 1 Abung Semuli Iryana Febriza Wardhani foto bersama dengan Komite, para Kepala Sekolah dan pimpinan institusi yang melakukan MoU, Jumat (28/7/2023). (Foto: Lampung barometer.id)

“Nantinya siswa-siswi SMA ini akan mengikuti pelatihan selama enam bulan. Nanti ada level-levelnya, yakni level 1 sampai level 10. Jika mereka bisa menguasai hingga level 10 mereka akan mendapat sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Namun, jika hanya menguasai satu atau dua level kompetensi nantinya akan mendapat sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP),” ungkap Junaidi.

Ketua Komite SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara dan juga wali salah satu siswa Juwono, BA mengaku sangat mendukung program ini. Menurutnya Program ini sesuai dengan kebutuhan jaman saat ini.

“Sebagai wali dan komite kami sangat mendukung program Double Track ini karena program ini memang sangat sesuai dengan kebutuhan kita saat ini. Semoga dengan program ini, kualitas anak didik kita semakin baik dan siap bersaing secara akademis maupun secara skill,” ungkap Juwono.

Lebih lanjut dia juga menyatakan Komite Sekolah siap mendukung demi suksesnya program ini. (Tham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *