oleh

Buka Semarak UMKM Tanggamus 2022, Gubernur Paparkan Prioritas Pengembangan UMKM di Lampung

Bandar Lampung (LB): Gubernur Lampung didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, membuka resmi Semarak UMKM Tanggamus 2022 yang digelar Pemkab Tanggamus bekerja sama dengan Dekranasda Kabupaten Tanggamus yang digelar di Mal Bumi Kedaton, Jumat (4/11/2022).

Gubernur mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus yang telah menyelenggarakan kegiatan Semarak Tanggamus 2022 dalam rangka pemberdayaan UMKM Lampung.

“Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Tanggamus beserta seluruh stakeholder atas kerja kerasnya dalam pemberdayaan UMKM di Provinsi Lampung. Saya berharap kegiatan ini akan menjadi kebangkitan ekonomi di sektor UMKM, sektor ekonomi kreatif, dan terjadi peningkatan investasi daerah sehingga tercipta lapangan kerja baru untuk kesejahteraan masyarakat Lampung,” ucap Gubernur.

Menurut Gubernur, bangkitnya UMKM sebagai roda perekonomian sangat penting, terutama dalam masa pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 yang berdampak pada kondisi perekonomian negara.

“Namun Alhamdulillah kita bersyukur, berkat kerja keras kita bersama, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung pada Triwulan II Tahun 2022 mampu tumbuh mencapai 9,12 persen (q to q), begitu pula dengan inflasi yang masih bisa kita kendalikan,” ujar Arinal.

Gubernur menyatakan perlunya penguatan sektor UMKM yang mampu menyerap hingga 97 persen dari total tenaga kerja serta memberikan kontribusi 61 persen terhadap PDB nasional. Selain itu, UMKM menyumbang 15 persen dari total ekspor nasional serta menarik hingga 60,42 persen dari total investasi untuk Indonesia.

Arinal juga menyatakan Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya memajukan UMKM. Adapun program prioritas pengembangan Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Tahun 2021/2022 antara lain perluasan akses pasar/digitalisasi, peningkatan kapasitas SDM koperasi dan UMKM, serta pengawasan koperasi yang lebih intensif.

Selain itu Pemerintah Provinsi Lampung juga memfasilitasi pembiayaan UMKM dan koperasi melalui KUR yang disalurkan lewat keikutsertaan dalam Program Kartu Petani Berjaya.

Pembinaan, pendampingan UMKM, Promosi produk UMKM serta memperluas jaringan usaha berbasis IT dan melakukan kerjasama/kemitraan dengan berbagai pihak/lembaga/asosiasi.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Lampung dan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung yang telah berkenan hadir pada kegiatan tersebut.

“Terima kasih kepada Gubernur dan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung yang telah berkenan hadir, juga terima kasih kami ucapkan karena Pak Gubernur dan Ibu Ketua Dekranasda gencar melaksanakan kegiatan dalam rangka mempromosikan UMKM dan kerajinan Lampung, termasuk UMKM Tanggamus sehingga dapat lebih maju dan lebih dikenal,” ucap Bupati.

“Semarak Tanggamus 2022 ini meskipun acaranya sederhana, tapi sangat besar niat dan semangat kami untuk memajukan UMKM Tanggamus. Alhamdulillah saat ini kami akan ada penandatanganan MoU kerjasama antara UMKM Tanggamus dan Mal Bumi kedaton serta Chandra Super Store,” lanjut Dewi.

Semarak UMKM 2022 akan digelar di Mal Bumi Kedaton selama 3 hari, Tanggal 4-6 November 2022, dan diisi berbagai kegiatan dan Bazar UMKM yang dibagi menjadi 7 klaster, terdiri dari Produk Wastra, Kriya, Makanan atau Kuliner, Pariwisata, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perikanan, dan Barista.

Kegiatan juga disi dengan Penandatangan Mou antara Pemerintah Kabupaten Tanggamus dengan Mal Bumi Kedaton dan Chandra Super Stote, selain itu juga dilakukan peluncuran Aplikasi Pariwisata Tanggamus. (kmf).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.