oleh

Dosen dan Mahasiswa Unila Kembangkan Aplikasi Akuntansi untuk UMKM

BANDAR LAMPUNG (LB): Dosen dan mahasiswa Program Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung yang tergabung dalam Penelitian MB-KM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) melakukan kolaborasi penelitian dengan berinovasi menciptakan aplikasi akuntansi bagi UMKM yang diberi nama sigerway.id.

Produk hasil inovasi penelitian tersebut Tim peneliti lalu diserahkan kepada salah satu UMKM di Natar, Lampung Selatan, Selasa (20/9/2022).

Ketua tim peneliti Albert Maydiantoro mengatakan produk penelitian ini lahir untuk membantu sekaligus memberi solusi bagi UMKM yang selama ini kesulitan dalam menyusun laporan keuangan.

“Jadi produk penelitian ini lahir dari sulitnya pelaku UMKM menyusun laporan keuangan. Kita berharap semoga dengan adanya aplikasi ini akan membantu para pelaku UMKM dalam pencatatan transaksi dan laporan keuangan menggunakan aplikasi sigerway.id,” ujar Albert.

Albert juga mengatakan selain memberikan produk penelitian kepada pelaku UMKM di Natar, Lampung Selatan, Tim Peneliti juga memberikan aplikasi sigerway.id dan mesin cetak bukti transaksi secara gratis kepada beberapa UMKM di Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan dan Lampung Timur.

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab sekaligus kepedulian kita kepada masyarakat,” ujanya.

Albert menjelaskan dalam penelitian ini, dia bersama rekan timnya Widya Hestiningtyas dan 10 mahasiswa yang tergabung dalam Penelitian MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka) bekerja sama dengan pendamping UMKM dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Aan Hendridunan Maheda.

“Kami ucapkan terima kasih kepada LPPM Unila yang telah mendukung penelitian ini. Kami berharap hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi UMKM di Provinsi Lampung khususnya dan UMKM di Indonesia pada umumnya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas UMKM Central 19 Natar, Yusmala Dewi, mengaku sangat mengapresiasi dan memberikan respons sangat positif terhadap aplikasi sigerway.id ini.

Menurut Yusmala Dewi, adanya aplikasi ini sangat membantu pelaku UMKM dalam membuat laporan keuangan yang selama ini memang selalu menjadi persoalan bagi pelaku UMKM. Oleh sebab itu, pihaknya mengaku sangat berterima kasih kepada para peneliti dari Universitas Lampung yang telah memberikan aplikasi pencatatan laporan keuangan ini.

“Kami sangat senang dan berterima kasih kepada tim peneliti dari Universitas Lampung atas hibah aplikasi dan mesin cetak bukti transaksi ini. Semoga dengan menggunakan aplikasi ini kami bisa lebih mudah melakukan pencatatan keuangan usaha kami,” tuturnya. (ham/AK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.