Info UnilaPendidikan

Tim Mahasiswa Unila Sabet Perunggu dalam Lombok Essay Competition 3

260
×

Tim Mahasiswa Unila Sabet Perunggu dalam Lombok Essay Competition 3

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung (LB): Mahdiyyan Fadillah, mahasiswa Program Studi Akuntansi, bersama tim terdiri dari Aldiansah Pratama, Ahmad Fauzan Firdaus, dan Isnaini, berhasil meraih perunggu dalam Lombok Essay Competition 3.

Ajang tahunan ini diikuti berbagai universitas terkemuka di Indonesia, seperti UGM, ITS, UPN Veteran Jawa Timur, Unair, UPN Yogyakarta, dan Udayana. Tahun ini, acara tersebut diselenggarakan di Fakultas Pertanian Gunung Rinjani, 9-10 Maret 2024, secara luring.

Pada kesempatan tersebut, tim mahasiswa Unila mengangkat isu UMKM dalam esainya berjudul “Transformasi Digital melalui Program Duta UMKM dalam Mendukung Perekonomian di Tingkat Global ASEAN”.

Pengangkatan isu dilatarbelakangi kondisi Lombok yang masih menjadi daerah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal). Akibatnya, dari 103.284 UMKM yang terdata di Dinas DKAN Diskominfotik NTB tahun 2022, hanya 40 sampai 100 UMKM yang diketahui warga lokal.

Dalam esai tersebut, tim mahasiswa Unila berusaha memberikan solusi untuk mengatasi isu yang ada, yakni dengan memilih Duta UMKM Lombok sebagai influencer muda dalam mempromosikan produk lokal.

Nantinya, Duta UMKM Lombok juga bertugas untuk mendampingi pengelolaan digital, marketing produk modern, dan promosi online melalui sosial media. Hal ini sesuai dengan amanah Kementerian Keuangan tahun 2022 tentang Pemberdayaan UMKM.

Tim mahasiswa Unila berharap, jika isu yang diangkat bisa membuat anak muda sadar pentingnya peran mereka dalam mengembangkan ekonomi.

“Kami berharap esai ini dapat mendukung visi Indonesia menuju generasi emas 2045 dengan aktif melibatkan peran anak muda dalam pengembangan ekonomi,” ucap Mahdiyyan. (uni/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *