Olah Raga

Piala Asia 2023: Bungkam Vietnam 1-0, Indonesia Jaga Asa Ke Babak Selanjutnya

69
×

Piala Asia 2023: Bungkam Vietnam 1-0, Indonesia Jaga Asa Ke Babak Selanjutnya

Sebarkan artikel ini

Doha (LB): Timnas Indonesia menjaga asa lolos ke babak selanjutnya usai meraih kemenangan penting 1-0 atas Vietnam di Piala Asia 2023.

Duel Vietnam vs Indonesia di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Indonesia yang memburu kemenangan demi menjaga asa lolos ke babak berikutnya bermain menekan sejak laga dimulai. Tim Garuda unggul 1-0 di babak pertama lewat gol kapten tim, Asnawi Mangkualam, dari tendangan penalti pada menit ke-41, setelah Rafael Struick ditarik jatuh Nguyen Thanh Binh di kotak terlarang.

Usai jeda, Vietnam meningkatkan serangan dan berupaya mencetak gol balasan, namun belum bisa merobek gawang Indonesia yang dijaga Ernando Ari.

Vietnam harus bermain dengan 10 pemain di injury time. Le Thanh Long harus keluar lapangan karena diganjar  kartu kuning kedua setelah pelanggaran kepada Ferdinan yang bermain gemilang dalam laga ini.

Hingga laga usai tidak ada tambahan gol tercipta, skor 1-0 untuk Indonesia menjadi hasil akhir pertandingan.

Sementara itu, Irak membuat kejutan dengan mengalahkan favorit Jepang 2-1 dan mengerek posisinya ke puncak klasemen sementara Grup D dengan 6 poin. Indonesia di posisi ketiga dengan 3 poin di bawah Jepang dengan poin yang sama namun kalah selisih gol, sedangkan Vietnam tenggelam di dasar klasemen dengan tanpa poin.

Selanjutnya Indonesia akan berhadapan melawan Jepang pada Rabu (24/1/2024) di Al Thumama Stadium Pukul 18.30 WIB.

Susunan Pemain

Vietnam: Nguyen Filip, Vo Minh Trong, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh (Van Thanh Vu 89′), Pham Tuan Hai (Khuat Van Khang 46′), Nguyen Tuan Anh, Phan Tuan Tai, Nguyen Tai Son (Thanh Le Pham 46′), Nguyen Quang Hai (Nguyen Van Toan 72′), Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Van Tung (Van Truong Nguyen 79′).

Indonesia: Ernando Ari, Sandy Walsh, Jordi Amat (Rizky Ridho 70′), Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam (Witan Sulaeman 56′), Pratama Arhan, Justin Hubner, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Yakob Sayuri, Egy Maulana Vikri (Adam Alis 67′), Rafael Struick (Hokky Caraka 68′). (AK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *