Bandar LampungKorem 043 Garuda Hitam

Danrem 043/Gatam Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023

74
×

Danrem 043/Gatam Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung (LB): Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 dengan Tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” di Lapangan Korpri komplek Kantor Gubernur Lampung, Kamis (17/8/2023).

Sebagai Inspektur Upacara adalah Gubernur Lampung Ir H. Arinal Djunaidi, dan Komandan Upacara Pgs..Dantim Intel Rem 043 Gatam Mayor Arm Yoan Afreza.

Upacara ini dihadiri Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay, Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika, Kabinda Lampung, Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Forkopimda Provinsi Lampung, para Ketua Komisi DPRD Provinsi Lampung, PJU Polda Lampung, jajaran Korem 043/Gatam, Ketua PKK Provinsi Lampung, dan Kepala Kanwil/Badan Kementerian/Lembaga dan Rektor/Pimpinan Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Gubernur mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia. Menurut Arinal, upacara ini bukan hanya sebuah perayaan, tapi juga sebuah penghormatan kepada para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya demi kemerdekaan bangsa ini.

“Hari ini kembali kita diajak merenungkan momentum yang paling bersejarah bagi Indonesia. Terhitung 78 tahun sudah Indonesia merdeka setelah melewati perjuangan yang panjang dan tak kenal lelah. Kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah meridhoi cita-cita bangsa kita menjadi bangsa merdeka, bangsa yang besar, bangsa yang bersatu di tengah keberagaman, Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Arinal.

“Kemerdekaan yang kita raih dan nikmati saat ini bukan jatuh dari langit. Kemerdekaan yang kita capai juga bukan karena pemberian bangsa lain, tapi atas berkat rahmat Allah SWT, bersama ikhtiar perjuangan heroik para pendahulu dan jasa para pahlawan bangsa. Para pahlawan bangsa telah berkorban nyawa demi kemerdekaan Indonesia dan beberapa pejuang itu ada di Provinsi Lampung,“ katanya.

Setelah melaksanakan upacara, Gubernur Lampung bersama para tamu undangan menyaksikan upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78 di halaman Istana Merdeka Jakarta secara virtual di Mahan Agung.

Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih

Setelah pagi mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78, sore Pukul 17.00 WIB di tempat yang sama, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin juga mengikuti Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada Peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-78 RI Tahun 2023.

Dalam upacara penurunan bendera ini, Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika menjadi Inspektur Upacara dan Komandan Upacara Wadan Yon A Pelopor Satbrimob Polda Lampung Kompol Sumaryono, dan dihadiri Gubernur lampung Ir. Arinal Djunaidi, Kabinda Lampung Brigjen Pol. Harseno, Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay.

Hadir juga Kajati Lampung, Forkopimda Provinsi Lampung, Danlanud P.M. Bun Yamin, Dansat Brimob Polda Lampung, Kasat Pol PP Provinsi Lampung, para Asisten Gubernur dan para Kadis Provinsi Lampung.

Upacara penurunan Bendera Merah Putih berlangsung khidmat hingga pukul. 17.50 WIB dengan melibatkan 5 SSK peserta upacara yang terdiri dari pasukan gabungan TNI, pasukan Brimob Polda Lampung, dan ASN Provinsi Lampung. (*/red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *