Bandar Lampung (LB): Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lampung (Unila), melaksanakan asesmen lapangan di Ruang Sidang Lantai 2 Dekanat FKIP Unila, Kamis (22/8/2024).
Dalam sambutannya saat membuka acara Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T. menekankan pentingnya asesmen lapangan sebagai bagian dari proses akreditasi yang bertujuan meningkatkan kualitas program studi.
Hasil asesmen akan menjadi landasan dalam memperbaiki dan mengembangkan Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agar dapat terus bersaing di tingkat nasional dan internasional.
Dr. Suripto menambahkan Unila berkomitmen terus mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas pendidikan di semua program studi, termasuk S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, guna mencapai akreditasi Unggul.
Asesmen dipandu dua asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDik), yaitu Prof. Dr. Sumarwati, M.Pd., dan Dr. Gumono, M.Pd. yang melakukan penilaian terhadap berbagai aspek prodi, di antaranya kurikulum, fasilitas, sumber daya manusia, serta kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat.
Prof. Sumarwati menjelaskan
“Asesmen ini bertujuan memastikan Prodi telah memenuhi standar yang ditetapkan LAMDik sekaligus memberikan masukan konstruktif bagi peningkatan kualitas pendidikan,” ucap Prof. Sumarwati.
Selain itu, dia juga menyoroti pentingnya inovasi dalam pengajaran dan penelitian sebagai upaya menjawab tantangan zaman.
Dr. Gumono menambahkan asesmen lapangan juga mencakup evaluasi terhadap dukungan fasilitas yang diberikan universitas, seperti laboratorium, perpustakaan, dan infrastruktur lainnya, yang menunjang proses pembelajaran. Ia mengapresiasi upaya Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam menyediakan lingkungan belajar yang kondusif bagi mahasiswa.
Kegiatan ini diikuti jajaran pimpinan FKIP, dosen, dan tenaga kependidikan. Selama proses asesmen, para asesor berdialog dengan dosen dan mahasiswa untuk mendapatkan gambaran lebih komprehensif tentang penyelenggaraan prodi. (uni)