Internasional

Norwegia, Irlandia dan Spanyol Akui Negara Palestina

71
×

Norwegia, Irlandia dan Spanyol Akui Negara Palestina

Sebarkan artikel ini

LAMPUNGBAROMETER.ID – Norwegia, Irlandia dan Spanyol akui negara Palestina. Pemerintah ketiga negara tersebut mengumumkan akan memberikan pengakuan secara resmi atas negara Palestina pada 28 Mei 2024 mendatang.

“Selasa depan, 28 Mei, kabinet Spanyol akan menyetujui pengakuan negara Palestina,” kata Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada Rabu (22/5/2024) di parlemen Spanyol.

Dalam pidatonya, Sanchez mengatakan telah berbicara dengan para pemimpin dan mempelajari situasi di Palestina dan memahami satu hal dengan jelas: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak memiliki proyek perdamaian untuk Palestina.

Pedro mengatakan pengakuan terhadap Palestina bukanlah akhir, ini hanya permulaan, dan Spanyol akan terus menekan komunitas internasional untuk mengambil tindakan.

Perdana Menteri Irlandia Simon Harris pada Rabu juga mengatakan dalam pengumuman bersama dengan Oslo dan Madrid, Irlandia akan mengakui negara Palestina.

“Hari ini Irlandia, Norwegia dan Spanyol mengumumkan bahwa kami mengakui negara Palestina,” kata Harris.

“Ini adalah hari bersejarah dan penting bagi Irlandia dan Palestina,” imbuhnya, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (22/5).

Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Store, juga mengadakan konferensi pers pada Rabu (22/5) Pukul 8:30 pagi untuk mengumumkan hal yang sama. Dia mengumumkan negaranya akan memberikan pengakuan resmi untuk negara Palestina pada 28 Mei mendatang.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, memuji ketiga negara tersebut.

“Indonesia sambut positif keputusan tiga negara tersebut. Mereka telah berani memilih untuk berada di sisi sejarah yang benar,” ujar Retno seperti dirilis detikcom, Jumat (24/5/2024). (AK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *