Bandar LampungPendidikan

26 Finalis Duta Bahasa Provinsi Lampung 2024 Tampil Memukau

174
×

26 Finalis Duta Bahasa Provinsi Lampung 2024 Tampil Memukau

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung (LB): Babak puncak ajang Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung 2024 yang diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi Lampung dan Ikatan Duta Bahasa Provinsi (Ikadubas) Lampung diikuti 26 finalis diadakan di Hotel Novotel Lampung, Sabtu (18/5/2024).

Sebanyak 26 finalis yang lolos ke putaran final berhasil tampil memukau; beradu wawasan dan kemampuan dalam bidang bahasa, sastra dan literasi untuk menjadi yang terbaik dan mewakili Lampung di ajang Duta Bahasa Nasional 2024.

Kegiatan Puncak Penganugerahan Duta Bahasa Provinsi Lampung 2024 dihadiri para tamu undangan dari Pemerintah Pusat dan Daerah, perguruan tinggi negeri dan swasta, media massa, pihak sponsor serta orang tua/kerabat para finalis.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Yohanna Shera, mengatakan Pemilihan Duta Bahasa provinsi Lampung 2024 diadakan dalam lima tahap seleksi yang telah menjaring 346 peserta hingga menjadi 26 orang dengan kemampuan terbaik pada tahap final.

“Sebanyak 26 peserta yang lolos ke babak final ini merupakan yang terbaik karena telah melalui lima tahapan seleksi beradu dengan 346 peserta lain sejak tahap seleksi berkas,” ucap Shera.

Sementara itu, Kepala Kantor bahasa Provinsi Lampung Desi Ari Pressanti, S.S., M.Hum. dalam sambutannya mengaku sangat bangga terhadap para finalis Duta Bahasa Provinsi Lampung 2024 dan berharap para finalis dapat terus menjaga semangat memajukan bahasa, sastra, dan literasi.

MEMUKAU. Tampil memukau, sebanyak 26 Finalis Duta Bahasa Provinsi Lampung 2024 berkomitmen memajukan. bahasa dan literasi. (Foto: lampungbarometer.id)

“Saya sangat bangga dengan para finalis dan berharap terus menjaga semangat untuk memajukan bahasa, sastra dan literasi di Lampung,” ucap Desi.

Pada hari Puncak Anugerah ini, para finalis tampil memukau; finalis pria tampil gagah dan percaya diri sedangkan finalis wanita cantik dan anggun. Dalam balutan busana daerah ciri khas Lampung, mereka menampilkan tarian yang indah, pidato komitmen yang menggugah, dan juga diikrarkan sebuah sumpah, Sumpah Pemuda.

Menurut Desi, pada tahap ini 26 finalis yang telah melalui lima tahap uji seleksi yang menguji kemampuan mereka di bidang bahasa, sastra dan literasi.

“Tahap satu adalah seleksi berkas yang diikuti 346 orang peserta. Peserta yang memiliki berkas lengkap lolos ke tahap dua, yakni uji kemampuan kemahiran berbahasa Indonesia. Uji kemahiran berbahasa Indonesia merupakan perangkat uji untuk menentukan kemahiran peserta dalam berbahasa Indonesia. Peserta dinilai dalam tiga sesi; sesi mendengarkan, merespon kaidah dan membaca. Sebanyak 159 peserta yang memiliki peringkat istimewa, sangat unggul, unggul, dan madya lolos ke tahap tiga dan mengikuti tahap penilaian dan keterampilan,” katanya.

“Di tahap tiga, peserta diuji dalam kemampuan berbahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Lampung. Sebanyak 100 orang dengan nilai tertinggi dinyatakan lolos ke tahap tahap empat. Pada tahap empat peserta mengikuti seleksi Psikotes dan Krida. Pada tahap ini peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menghasilkan karya sebagai tindakan nyata implementasi peran generasi muda dalam slogan Trigatra bangun bahasa; utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing,” imbuhnya.

“Selanjutnya setiap kelompok diberi waktu satu bulan untuk berproses,” ujarnya.

Setelah 1 bulan berproses setiap kelompok melakukan presentasi. Seluruh nilai tahap empat menjadi materi untuk meluluskan 26 orang ke tahap seleksi final sebagai Finalis Duta Bahasa provinsi Lampung 2024.

Pada tahap lima atau tahap akhir, Kantor Bahasa Provinsi Lampung bekerja sama dengan Ikatan Duta Bahasa bersinergi untuk membekali para finalis dengan pengetahuan kebahasaan, multimedia, wicara publik, literasi dan tata rias.

“Pada 14 Mei 2024, para finalis mengikuti wawancara dengan psikolog dan pada 15 Mei para finalis mengikuti wawancara dengan dewan juri. Setelah melalui rangkaian tahapan selama 4 bulan 17 hari, pada hari ini akan dikukuhkan sebagai Duta Bahasa provinsi Lampung 2024 lalu diumumkan pemenang Duta Bahasa Provinsi Lampung dan akan berlaga di ajang selanjutnya di tingkat nasional. Finalis pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung 2024 merupakan putra-putri kebanggaan kita yang akan memajukan, bahasa, sastra dan literasi di Bumi Lampung,” pungkasnya.

Setelah dikukuhkan sebagai Duta Bahasa Provinsi Lampung para finalis bergabung dalam Ikatan Duta Bahasa Provinsi Lampung yang merupakan binaan Kantor Bahasa Provinsi Lampung. Ikadubas Lampung membuka diri bagi instansi, komunitas, dan masyarakat yang ingin berkolaborasi dan bersinergi di bidang kebahasaan kesastraan dan literasi.

Daftar 26 Finalis Duta Bahasa Provinsi Lampung 2024:

  1. Ahmad Abdul Aziz dari STKIP PGRI Bandar Lampung
  2. Andreas Angga A. (Unila)
  3. Antik Aisyah
  4. Ayu Rahma Wulandari (Polinela)
  5. Chelisia (STKIP PGRI Bandar Lampung)
  6. Cici Chandra Puspita (Universitas Aisyah Pringsewu)
  7. Dandy M. Irzani (Universitas Terbuka)
  8. Dita Irmawati (Unila)
  9. Eka Amelia (Unila)
  10. Faliandra Adi Saputra (Universitas Mitra Indonesia)
  11. Fidea Pinaring Gusti (Unila)
  12. Hery Purwanto
  13. Imam Khoironi (UIN RIL)
  14. Khairinul Anatasya
  15. Mardiansyah (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
  16. Musafir Kristal (IIB Darmajaya)
  17. Nabila Najwa Chahari (Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang)
  18. Nadia Putri Partussia (Unila)
  19. Nikolas Simbolon (Unila)
  20. Puspita Adelia (Institut maritim Prasetia Mandiri)
  21. Qholik Mawardi (Universitas Malahayati)
  22. Rara (Unila)
  23. Rhama Faiez (UIN RIL)
  24. Riska Andini (IIB Darmajaya)
  25. Santori Wardanis (ITERA). (*/Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *