Pesawaran

Kurangi Dampak Inflasi, Nanda Indira Buka Pasar Murah Mandiri

42
×

Kurangi Dampak Inflasi, Nanda Indira Buka Pasar Murah Mandiri

Sebarkan artikel ini

Pesawaran (LB): Ketua TP-PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi membuka Pasar Murah Mandiri Kabupaten Pesawaran Tahun 2024 di Balai Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Selasa (2/4/2024).

Nanda menyampaikan hal itu untuk mengendalikan dan mengurangi dampak inflasi sekaligus sebagai upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan, Badan Pangan Nasional melalui Pemerintah Kabupaten Pesawaran.

“Pada saat inflasi, kenaikan harga-harga pangan pokok stategis cukup mempengaruhi daya beli masyarakat. Hal ini tentu mengurangi keterjangkauan pangan masyarakat terhadap pangan pokok strategis yang tetap harus dipenuhi agar masyarakat dapat hidup sehat, aktif, dan produktif,” ucap Nanda.

Dia menilai adanya kesenjangan antara produsen dan konsumen disebabkan berbagai faktor yang menghambat distribusi pangan, di antaranya hambatan pasokan, cuaca, biaya pengangkutan yang tinggi, kualitas infrastruktur, perilaku pedagang dan pengelolaan stok.

Kondisi tersebut ucapnya, sering menimbulkan terjadinya fluktuasi pasokan pangan yang berakibat ketidakpastian harga pangan baik di tingkat produsen maupun konsumen yang dalam ekskalasi lebih luas akan mempengaruhi inflasi pangan.

Komoditas pangan pokok strategis yang dijual adalah komoditas pembentuk inflasi (volatile foods) seperti beras (Rp 10.600/kg), gula (Rp. 16.000/kg), minyak goreng (Rp 14.000/kg), tepung (Rp. 9.500/kg), dan telur (Rp 27.500/kg).

Dia menambahkan ketersediaan dalam Pasar Murah Mandiri ini antara lain beras 6 ton, telur 400 kg, minyak goreng 500 liter, tepung terigu 300 kg dan gula putih 400 kg.

Nanda berharap pasar murah mandiri ini dapat bermanfaat bagi kalangan menengah dan bawah sekaligus sebagai upaya menjaga stabilisasi ketersediaan dan harga pangan di Kabupaten Pesawaran.

Kegiatan ini melibatkan Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Perkebunan dan Peternakan yang bertujuan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok baik di tingkat produsen maupun konsumen dan meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok bagi masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat, atas kerja sama dan koordinasi yang baik sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Hadir dalam acara ini Kapolres Pesawaran, pejabat struktural di lingkup Pemkab Pesawaran, Camat Teluk Pandan, Kepala Badan Perum Bulog Divre Kanwil Lampung, Kepala PT. Indofood Lampung, Kepala PT. Domus, dan Kepala PT. Rajawali Nusantara Indah. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *