Info UnilaPendidikan

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Pendidikan Kimia FKIP Resmi Dibuka

261
×

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Pendidikan Kimia FKIP Resmi Dibuka

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung (LB): Rektor Unila Prof. Dr. Lusmeilia Afriani diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., secara resmi membuka kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia FKIP Unila oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Kegiatan yang berlangsung dua hari, Jumat hingga Sabtu, 1–2 Maret 2024, di Gedung A Lt. 2 Ruang Dekanat FKIP ini merupakan tahapan penting dalam menilai kelayakan sebuah prodi dan perguruan tinggi sesuai kriteria yang ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Pasal 55 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012.

Dr. Suripto menyampaikan Unila sudah memperoleh akreditasi Unggul sejak Oktober 2023 dan saat ini Unila sedang melakukan internasionalisasi pada Tahun 2023 sebanyak 20% dari seluruh prodi yang sudah mencapai akreditasi internasional.

“Pimpinan Unila terus berkomitmen untuk menjaga posisinya di papan atas Liga BLU agar tetap mampu bersaing di tingkat nasional, regional, maupun internasional. Melalui sistem penjaminan mutu yang ada di Unila, proses pembelajaran pada prodi selalu dipantau secara berkala di bawah naungan LP3M,” ucapnya.

Dia juga mengungkapkan FKIP Unila merupakan salah satu fakultas yang mampu menyumbang indikator kinerja utama (IKU) terbaik, terutama pada capaian IKU-4 dan IKU-7.

“Diharapkan hasil asesmen lapangan ini dapat meningkatkan mutu institusi, mendorong perbaikan dan inovasi, serta menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas, khususnya dalam Program Studi Pendidikan Kimia,” pungkasnya.

Dalam pembukaan asesmen ini turut hadir Dekan FKIP beserta jajaran, Sekretaris LP3M, Kepala Pusat Penjaminan Mutu LP3M, Pendamping Internal Akreditasi, Ketua dan Sekretaris Prodi Pendidikan MIPA, Ketua dan Sekretaris Prodi Pendidikan Kimia, Kepala Laboratorium, para dosen, tenaga kependidikan, dan alumni pendidikan Kimia.

Tim asesor LAMDIK yang bertugas dalam asesmen lapangan ini yakni Prof. Dr. rer. nat. Ahmad Mudzakir, M.Si., dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Dr. Maria Paristiowati, M.Si., dari Universitas Negeri Jakarta.

Dalam kegiatan ini Prof. Dr. rer. nat. Ahmad Mudzakir menegaskan Tim Asesor LAMDIK akan melakukan penilaian dengan seksama sesuai standar yang berlaku serta melaksanakan asesmen lapangan terhadap apa yang sudah dilakukan dosen dan tenaga kependidikan FKIP Unila.

“Dua hari ini kami akan memotret wajah asli dari laporan dalam dokumen yang telah disampaikan kepada LAMDIK. Biasanya, wajah asli akan lebih baik dari laporan dokumen sehingga dapat memberikan hasil positif bagi prodi Pendidikan Kimia,” ujarnya.

Asesmen lapangan diharapkan dapat memberi gambaran yang akurat mengenai kualitas dan kinerja Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unila serta memberikan arahan bagi peningkatan ke depan. (uni/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *