PendidikanPesawaran

Guru SMAN 1 Padang Cermin Antusias Ikuti ‘Workshop’ Pengelolaan E-Kinerja Guru PMM

90
×

Guru SMAN 1 Padang Cermin Antusias Ikuti ‘Workshop’ Pengelolaan E-Kinerja Guru PMM

Sebarkan artikel ini

Pesawaran (LB): Puluhan guru SMAN 1 Padang Cermin, Pesawaran, Provinsi Lampung antusias mengikuti Workshop Pengelolaan E-Kinerja Guru pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang diselenggarakan sekolah tersebut, Kamis (19/1/2024).

Kepala SMAN 1 Padang Cermin, Tamzir Zamka, S.Pd., mengatakan kegiatan workshop ini dilaksanakan sebagai implementasi kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Surat Edaran Bersama Kepala BKN dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Mendikbudristekdikti) Nomor 17 Tahun 2023 dan Nomor 9 Tahun 2023 tentang Sistem Informasi Pengelolaan Kinerja ASN guru.

“Workshop Pengelolaan E-kinerja Guru pada Aplikasi PMM ini bertujuan meningkatkan kualitas kinerja guru,” ucap Tamzir.

Tamzir juga mengungkapkan kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yakni Pengawas Pembina Sekolah, Jauhari, S.P.d., M.M.; dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Manajemen Mutu, Sugeng, S.Pd.

Adapun materi yang disampaikan dalam workshop ini, yakni: Pengelolaan Penilaian Kinerja Kuru (PKG) dan E-Kinerja melalui PMM serta Praktik Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) melalui PMM.

IKUTI WORKSHOP. Tampak guru-guru SMAN 1 Padang Cermin antusias mengikuti kegiatan Workshop Pengelolaan E-Kinerja Guru pada Platform Merdeka Mengajar di sekolah tersebut, Kamis (19/1/2024).

Sugeng berharap melalui workshop ini guru SMAN 1 Padang Cermin mampu mengisi pengelolaan e-kinerja guru di aplikasi PMM demi meningkatkan kompetensi dan kinerja guru di sekolah atau satuan pendidikan masing-masing.

“Harapan kita dengan adanya kegiatan ini guru-guru SMAN 1 Padang Cermin bisa mengisi e-kinerja di aplikasi PMM dengan benar demi meningkatkan kualitas pendidikan kita,” ujar Sugeng.

Ungkapan senada disampaikan narasumber lainnya, Jauhari. Menurutnya, dengan workshop ini para guru bisa mengisi pengelolaan e-kinerja guru pada aplikasi PMM, sehingga mampu meningkatkan kompetensi dan kinerja guru di sekolah atau satuan pendidikan masing-masing yang pada akhirnya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

“Kita berharap kegiatan ini dapat membantu para guru dalam mengisi pengelolaan e-kinerja pada aplikasi PMM dengan benar, karena sangat berpengaruh terhadap peningkatan raport pendidikan di sekolah,” Jauhari.

Sementara itu, salah satu guru peserta workshop, Saprudin, S.Pd., M.Pd. mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini karena bisa mendapatkan ilmu dari para narasumber yang berkualitas dan berharap nantinya bisa mengisi pengelolaan e-kinerja guru di aplikasi PMM.

SERIUS. Guru SMAN 1 Padang Cermin terlihat sangat serius mengikuti materi yang diberikan dalam workshop. (Foto: istimewa)

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar. Kami antusias mengikuti kegiatan ini karena narasumbernya bagus-bagus, sehingga bisa memberi penjelasan, bimbingan serta arahan kepada kami para guru dalam mengisi penilaian aplikasi kinerja pada aplikasi PMM,” ucap Saprudin.

“Semoga workshop ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan, lain waktu dapat dilaksanakan kembali,” pungkasnya.

Sementara itu, dikutip dari situs https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id, Minggu (28/1/2024), dijelaskan Pengelolaan Kinerja pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah alat bantu yang memudahkan Guru dan Kepala Sekolah untuk menentukan sasaran kinerja yang lebih kontekstual sesuai kebutuhan satuan pendidikan dan pengembangan karir guna peningkatan kualitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Fitur Pengelolaan Kinerja ini telah terintegrasi dengan layanan e-kinerja yang dikelola Badan Kepegawaian Negara.

Dijelaskan juga, dengan menggunakan Pengelolaan Kinerja melalui Platform Merdeka Mengajar, Guru dan Kepala Sekolah dapat melakukan Pengelolaan Kinerja yang lebih kontekstual dan spesifik untuk pelaksanaan tugasnya sesuai visi transformasi pembelajaran yang ditetapkan Kemendikbudristek. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *