Info Unila

PSPPI Fakultas Teknik Unila Adakan SNIP IV Tahun 2023

26
×

PSPPI Fakultas Teknik Unila Adakan SNIP IV Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung (LB): Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung (Unila) mengadakan Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) IV Tahun 2023 secara luring dan daring, Rabu (15/3/2023) di Swiss-Belhotel Bandar Lampung.

Acara bertajuk “Insinyur Indonesia Sebagai Pelopor Teknologi” dibuka resmi Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM. SNIP IV 2023 merupakan agenda rutin seminar ilmiah yang diadakan PSPPI FT Unila.

Dalam sambutan pembukaan, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM. mengapresiasi kegiatan PSPPI FT Unila yang telah berhasil menyelenggarakan SNIP IV Tahun 2023 dengan sukses.

SNIP merupakan wadah berekspresi untuk kegiatan keinsinyuran yang berfokus pada pengembangan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna.

“Acara ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan para insinyur dalam mengembangkan teknologi yang dapat membawa manfaat bagi masyarakat, ” ujar Prof. Lusmeilia.

Dia berharap SNIP IV dapat menjadi wadah yang bermanfaat bagi para peserta untuk memperluas wawasan dan memperbaharui pengetahuan mereka dalam bidang keinsinyuran.

Berdasarkan laporan Ketua Pelaksana SNIP IV, Dr. Eng. Ir. Mardiana, S.T.,M.T.,IPM., SNIP IV dihadiri 209 peserta yang terdiri dari pemakalah, mahasiswa dari kelas reguler PSPPI dan mahasiswa kelas kerja sama yang berasal dari Tangerang dan OKU, Sumatera Selatan.

Para pemakalah mengangkat topik yang beragam, yakni terkait inovasi di bidang keinsinyuran, mulai dari teknik sipil, mesin, elektro, komputer, informatika, kimia, lingkungan, arsitek, energi, pertambangan, geodesi, geologi, pertanian, kehutanan, perikanan, dan lainnya.

Keynote speaker yang hadir dalam gelaran SNIP IV di antaranya Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., IPU., ASEAN Eng, Guru Besar Teknik Geofisika di ITB, Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia Pusat, Dr. Ir. Habibie Razak, M.Eng.Sc., IPU. APEC Eng, ACPE, yang juga memiliki pengalaman yang luas dalam bidang insinyur dan pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT INKA dan Direktur Bisnis Bank Lampung, Ahmad Jahri, yang membahas penerapan teknologi dan inovasi di sektor keuangan.

Ketiga narasumber memiliki pengalaman yang luas di bidangnya dan membawa perspektif yang berbeda dalam menghadapi tantangan industri 4.0.

Kepala Program Studi (Kaprodi) PSPPI FT Universitas Lampung, Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng, menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan acara SNIP IV 2023. Secara khusus ia mengucapkan terima kasih kepada PII Wilayah Lampung yang diketuai Ir. Taufik Hidayat, M.M.,M.E.P, IPM, Dekan Fakultas Teknik Unila Dr. Eng. Ir. Helmy Fitriawan, S.T.,M.Sc. dan seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam penyelenggaraan acara tersebut.

“Saya berharap acara SNIP IV 2023 dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu keinsinyuran di Indonesia. SNIP IV Tahun 2023 menjadi sebuah bukti nyata pandemi tidak menghalangi para insinyur untuk terus berkarya dan berinovasi di bidang keinsinyuran. Dengan adanya SNIP IV Tahun 2023, diharapkan dapat mendorong dan mempercepat pemulihan ekonomi global melalui inovasi insinyur profesional,” pungkasnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *