Pringsewu

Kadus Terpilih Dianulir, Warga Pasir Ukir Banjar Rejo Pringsewu Protes

7
×

Kadus Terpilih Dianulir, Warga Pasir Ukir Banjar Rejo Pringsewu Protes

Sebarkan artikel ini

PRINGSEWU (lampungbarometer.id): Warga Dusun IV Pasir Ukir, Pekon Banjar Rejo, Kecamatan Banyumas, Pringsewu memprotes dibatalkannya Kepala Dusun (Kadus) yang telah mereka pilih oleh pihak Pekon yang malah menggantikannya dengan Kadus hasil keputusan Badan Himpunan Pekon (BHP).

Menurut warga, keputusan pembatalan Kadus terpilih hasil pilihan warga itu merupakan keputusan yang sangat mengecewakan pasalnya kadus tersebut merupakan hasil pemilihan langsung yang artinya adalah pilihan masyarakat

” Kami nggak terima bang, hasil keputusan panitia Pilkakon yang terdiri dari BHP, yang mengadakan tes terhadap kadus terpilih hasil pilihan dengan mantan RT yang dimenangkan panitia Pilkades ” ungkap seorang warga, Senin (26/4/2021).

Merasa keberatan, warga kemudian mengadakan rapat untuk meminta diadakan pemilihan ulang dan sepakat menolak pemilihan kepala dusun dengan cara test seleksi melalui Badan Himpunan Pekon (BHP).

“Telah kami sepakati bersama BHP dan warga masyarakat Dusun 4 Pasir Ukir. Pelaksanaan di dusun lain kabarnya dengan sistem tes saja, kalau di tempat kami harus pemilihan langsung agar lebih profesional ” tegas sejumlah warga.

Tidak hanya warga Dusun Pasir Ukir, hal serupa juga dilakukan warga Dusun 1 Sugih Waras yang juga menolak pemilihan kepala dusun dengan cara tes seleksi.

Warga juga telah mengadakan rapat untuk meminta diadakan pemilihan langsung dan membubuhkan tanda tangan menolak pemilihan dengan cara tes seleksi yang menurut warga tidak sesuai keinginan masyarakat

“Kami tidak setuju dengan sistem yang dilaksanakan kepala Pekon dan BHP. Kami juga melakukan rapat yang bertujuan sama, yakni untuk pembentukan kepala dusun selayaknya masyarakat yang menentukan siapa kadus di dusun masing – masing,” ungkap warga Dusun 1 Sugih Waras. (red)