Olah Raga

Euro 2024: Kalahkan Jerman, Spanyol Tantang Prancis di Semifinal

58
×

Euro 2024: Kalahkan Jerman, Spanyol Tantang Prancis di Semifinal

Sebarkan artikel ini

Stuttgart (LB): Spanyol akan bertemu Prancis di semifinal Euro 2024. Kedua tim kuat Eropa ini dipastikan berlaga di semifinal usai menang atas lawannya di perempatfinal.

Spanyol mengalahkan tuan rumah Jerman 2-1 di perempatfinal Euro 2024 lewat babak tambahan waktu. Kemenangan Spanyol ditentukan gol Mikel Merino di menit ke-119.

Laga Spanyol vs Jerman tersaji di MHPArena, Stuttgart, Jumat (5/7/2024) malam WIB. Duel berlangsung sengit sejak babak pertama. Namun, kedua tim tak mampu mencetak gol hingga babak pertama selesai. Skor 0-0 mengakhiri babak pertama.

Spanyol memecah kebuntuan di menit ke-51. Gol pasukan Luis De la Fuenta lahir melalui Dani Olmo. Berawal dari bola yang dikuasai Lamine Yamal di sisi kanan. Ia memberikan umpan tarik yang disambar Olmo dengan sepakan mendatar ke pojok gawang Neuer.

Tertinggal, Jerman tampil menekan di sisa laga untuk menyamakan kedudukan. Upaya tersebut berbuah hasil di menit ke-90 lewat Florian Wirtz. Skor berubah imbang 1-1 sehingga pertandingan harus dilanjutkan di babak tambahan waktu.

Di babak extra time 2×15 menit kedua tim menunjukkan permainan sengit dan saling menekan. Babak pertama tambahan waktu tak ada gol. Skor masih imbang 1-1.

Mikel Merino jadi pahlawan kemenangan La Furia Roja berkat golnya di menit ke-119. Umpan silang Olmo disundul Mikel Merino ke pojok kanan gawang Neuer. Spanyol menang 2-1 untuk ke semifinal.

Di semifinal Spanyol akan menghadapi Prancis yang di perempatfinal mengalahkan Portugal lewat adu penalti 5-3, setelah berimbang 0-0 selama 120 menit.

Bertanding di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB, Portugal vs Prancis berjalan ketat. Kedua tim sama-sama kesulitan menembus pertahanan lawan masing-masing.

Salah satu peluang didapat Prancis di menit ke-20. Theo Hernandez melepaskan shot dari luar kotak penalti, namun bisa diredam Diogo Costa.

Di menit akhir babak pertama, Portugal punya kans lewat tendangan bebas. Namun, Bruno Fernandes gagal mengarahkannya ke gawang Prancis. Skor 0-0 bertahan hingga waktu jeda.

Di babak kedua berjalan, jual beli ancaman mulai terjadi, diawali dengan upaya Kylian Mbappe yang diredam Diogo Costa. Kemudian, Portugal mengancam lewat Bruno Fernandes di menit ke-61. Peluangnya juga digagalkan barisan belakang Prancis.

Meskipun saling memberi ancaman, kedua tim tidak bisa menciptakan gol dan skor tetap imbang hingga waktu tambahan 30 menit usai, sehingga pemenang harus ditentukan dengan adu penalti.

Di babak tos-tosan itu, satu penendang Portugal, Joao Felix, gagal mengsekusi penalti, sementara semua eksekutor Prancis berhasil memasukkan bola. Prancis unggul 5-3, dan melaju ke semifinal bertemu Spanyol.

Laga semifinal akan digelar mulai 10 Juli mendatang. (AK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *