Lampung UtaraSeni Budaya

Ribuan Warga Lampung Utara Antusias Saksikan Pawai Budaya

132
×

Ribuan Warga Lampung Utara Antusias Saksikan Pawai Budaya

Sebarkan artikel ini

Lampung Utara (LB): Ribuan warga memadati Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara, Kotabumi, Lampung Utara untuk menyaksikan pawai budaya Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Lampung Utara yang diikuti 23 kecamatan se-Kabupaten Lampung Utara, Minggu (29/6/2024) siang.

Pawai Budaya yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 Kabupaten Lampung Utara ini dibuka dengan penampilan kelompok drumband dari SMA dan SMK di Lampung Utara serta diisi beragam penampilan seni budaya tradisi dan kearifan lokal khas Lampung, seperti tradisi Nyubuk Majeu, tradisi Manjaw Mirul, dan Cakak Mengian.

Para peserta tampak mengenakan pakaian adat dari berbagai suku yang penuh warna dan menarik, sehingga pawai ini semakin meriah. Ribuan warga sangat antusias mengabadikan moment pawai budaya dengan menggunakan kamera ponsel mereka.

Sastrawan Lampung Djuhardi Basri yang merupakan salah satu juri dalam kegiatan Pawai Budaya ini mengatakan, kegiatan ini sudah sering dilaksanakan sebelumnya, tapi sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Kegiatan Pawai Budaya ini memang sebelumnya sudah sering diadakan, tapi karena pandemi Covid-19 maka hampir lima tahun pawai budaya dihentikan. Alhamdulilah sekarang sudah diadakan kembali oleh Dinas Pariwisata,” ujar Djuhardi Basri.

PAWAI BUDAYA. Tampak para wanita mengenakan siger (mahkota perempuan Lampung) berjalan beriringan dengan kesenian Reog Ponorogo dalam Pawai Budaya Lampung Utara, Minggu (29/6/2024).

Djuhardi juga mengatakan kegiatan ini sangat menarik dan disambut antusias masyarakat Lampung Utara yang menurutnya memang kurang hiburan.

“Terus terang saja kita Lampung Utara sangat kurang sekali hiburan. Dengan adanya peristiwa pawai budaya ini dapat memberikan kesempatan untuk masyarakat melihat beragam budaya yang ada di Lampung Utara,” ucapnya.

Selanjutnya dia juga menekankan karya yang diikutsertakan dalam pawai budaya harus memiliki unsur kebudayaan Lampung yang lebih spesifik. Rata-rata pemenang dalam pawai budaya ini, ujarnya, adalah karya yang menonjolkan budaya Lampung dan dikolaborasi dengan budaya lain.

Terpisah, Fitriyana salah satu warga yang menyaksikan pawai budaya, mengaku senang menyaksikan kegiatan pawai budaya ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat menarik karena menampilkan berbagai seni pertunjukan yang menonjolkan adat budaya lokal

“Saya senang bisa menyaksikan langsung pawai budaya yang ada di Lampung Utara, karena saya perantau dari Jakarta. Di sini saya melihat berbagai penampilan dari 23 kecamatan di Lampung Utara, seperti pertunjukan bela diri dan beragam pakaian adat. Semoga kegiatan ini terus dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat agar kearifan lokal tidak hilang,” ucap Fitri.

Acara pawai budaya ini dihadiri berbagai elemen masyarakat, seperti tokoh masyarakat adat, perwakilan pemuda, ibu-ibu PKK dan warga dari berbagai lapisan usia. Adapun para pemenangnya adalah: Juara 1 Kecamatan Kotabumi Kota, Juara 2 Kecamatan Abung Barat, Juara 3 Kecamatan Sungkai Utara dan Juara Harapan diraih Kecamatan Abung Timur.

Penulis: Dinta Seftiana
Editor: M. Aritonang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *