Artikel Dan OpiniSeputar Ramadhan

Artikel & Opini// Bersyukur atas Nikmat Allah Swt

57
×

Artikel & Opini// Bersyukur atas Nikmat Allah Swt

Sebarkan artikel ini

SELALU bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah Swt. kepada kita semua. Banyak sekali nikmat yang sering tidak kita sadari yang telah Allah Swt. berikan kepada kita, seperti nikmat makan, nikmat bernapas, nikmat berjalan, bahkan dengan bisa menggerakkan anggota tubuh pun termasuk nikmat yang begitu besar yang perlu kita syukuri.

Bayangkan dan bandingkan dengan saudara-saudara kita yang sedang sakit untuk makan pun susah, menggerakkan anggota badan pun susah, bahkan ada yang untuk bernafas pun musti dibantu dengan alat khusus.

Dengan demikian masihkah kita tidak bersyukur atas semua nikmat yang Allah Swt. berikan kepada kita? Sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan.

Firman Allah dalam Q.S Al-Baqarah ayat 152
فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ. ۝١٥٢

Maka, ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

Lantas, bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk bersyukur?

Sejatinya, rasa syukur dapat kita wujudkan lewat beberapa cara berikut:

Dengan Hati
Meyakini dengan sungguh-sungguh didalam hati bahwa semua nikmat yang kita peroleh berasal dari Allah SWT, baik itu nikmat kesehatan, harta benda, jabatan atau pangkat semuanya dari Allah SWT.

Dengan Lisan
Setelah kita meyakini dalam hati kita sebaiknya selalu bersyukur kepada Allah SWT dengan tidak lupa  mengucapkan  ‘alhamdulillah’ dimana saja dan kapan saja atas nikmat yang sudah diberikan kepada kita.

Dengan Perbuatan 
Nikmat Allah itu sangat banyak sehingga kita tidak mampu untuk menghitungnya. Semuanya hanya titipan saja yang suatu saat pasti akan kembali kepada-Nya. Misalnya nikmat yang berupa kesehatan, suatu saat kita pasti akan mati; kembali kepada Allah dan kelak akan dimintai pertanggungjawaban. Untuk apa saja kesehatan yang sudah kita peroleh apakah untuk melakukan hal yang baik atau sebaliknya.

Untuk itu, marilah kita pergunakan waktu umur kita, kesehatan kita, rezeki kita dan segala yang dikaruniakan Allah Swt. kepada kita untuk melakukan perbuatan yang baik yang Allah ridai, khususnya kita yang sedang menuntut ilmu, jangan lalui waktu tanpa belajar karena dari belajar kita akan berilmu dengan ilmu insya Allah kita akan bahagia dunia akhirat dan itupun merupakan nikmat besar yang Allah berikan. Maka, jangan sampai kita menjadi orang yang kufur nikmat akibat kurang bersyukur.

Adapun cara agar kita senantiasa bersyukur kepada Allah Swt. adalah seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut:

Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu Syukur juga memiliki berbagai hikmah yang dapat kita peroleh, di antaranya:

  1. Kita akan  mendapat pahala dan dijauhkan dari azab Allah SWT.
  2. Dengan bersyukur Allah Swt. dapat memberikan ridanya kepada kita.
  3. Dengan bersyukur akan mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat.
  4. Dengan syukur kita akan merasakan ketenangan dan kedamaian.
  5. Dengan bersyukur dapat terhindar dari penyakit hati.
  6. Dengan bersyukur dapat menambah keberkahan hidup.

Kesimpulannya, syukur merupakan suatu bentuk ibadah dan sekaligus bentuk ketaatan kita atas perintah Allah Swt.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang pandai bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah Swt. berikan kepada kita. Amin Ya Rabbal Alamin.

ROMDONI PUTRA, S.Pd. Guru SMPN 7 Banjit, Kabupaten Way Kanan, Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *