DesaPariwisataPesawaran

Kembangkan Pariwisata, Desa Harapan Jaya Lampung Punya 20 Unit ‘Homestay’

84
×

Kembangkan Pariwisata, Desa Harapan Jaya Lampung Punya 20 Unit ‘Homestay’

Sebarkan artikel ini

Pesawaran (LB): Desa Harapan Jaya terus berupaya mengembangkan bidang pariwisata untuk meningkatkan sumber pendapatan asli desa (PADes) serta perekonomian masyarakat.

Selain mengelola beberapa destinasi wisata, seperti bumi perkemahan dan wisata air terjun serta beberapa destinasi wisata lainnya, kini Desa Harapan Jaya memiliki 20 unit homestay (penginapan) yang disediakan bagi wisatawan yang berkunjung.

Kepala Desa Harapan Jaya Sulalit Cokro Aminoto mengatakan penginapan ini bisa digunakan untuk menginap bagi wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke salah satu destinasi wisata Air Terjun (Arter) Sinar Tiga maupun objek wisata lain yang ada di wilayah Desa Harapan Jaya.

Homestay ini sebagai tempat menginap alternatif bagi pengunjung yang tidak menyukai berkemah, mereka bisa bermalam atau menginap di homestay dengan biaya yang relatif murah,” ujar Cokro.

“Biaya menginap di homestay yang kita sediakan sangat terjangkau. Untuk menginap satu malam selama 24 jam hanya Rp 100 ribu. Bagi pengunjung yang hanya ingin bersantai sejenak tanpa menginap juga bisa. Untuk tarifnya juga sangat murah, yakni hanya Rp 60 ribu untuk 12 jam. Biaya ini belum termasuk biaya makan,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kades Cokro Aminoto juga menjelaskan program ini berasal dari Dinas Permukiman (Perkim) Provinsi Lampung Tahun 2023. Dia juga berharap dengan adanya homestay ini pengunjung bisa nyaman berwisata di Desa Harapan Jaya, sehingga bisa menghabiskan waktu libur menginap di sana.

RAMAH MULIA. Desa Harapan Jaya di Kabupaten Pesawaran, Lampung diresmikan sebagai Desa Wisata Ramah Perempuan dan Peduli Anak (RAMAH MULIA) pada Februari 2023.

“Biasanya orang-orang kota kan sudah penat menghadapi berbagai masalah dalam beraktivitas sehari-hari. Sebut saja misalnya masalah jalanan macet, kerjaan yang numpuk, deadline kerja dan lain-lain. Dengan adanya tempat wisata dan homestay ini mereka bisa refreshing sejenak ke Desa Harapan Jaya,” ucapnya.

Selain itu, dia juga berharap adanya homestay ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain pemilik homestay, katanya, pedagang kuliner, pernak-pernik dan lain-lain juga bisa mendapatkan uang.

“Kalau ada wisatawan yang menginap, kan otomatis ada pergerakan ekonomi, ada uang yang berputar. Ini tentu saja akan membantu perekonomian masyarakat Harapan Jaya, terutama pemilik homestay dan pedagang,” pungkasnya.

Sementara itu, Untung (42), salah satu warga penerima program ini mengaku sangat senang atas adanya program yang digagas pihak desa ini. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Harapan Jaya karena program ini sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Harapan Jaya, semoga program ini berhasil meningkatkan perekonomian kami sebagai warga,” ujar Untung.

Diketahui Desa Harapan Jaya merupakan salah dari 13 Desa Wisata di Kabupaten Pesawaran yang masuk dalam wisata nasional.

Daftar 13 Desa Wisata di Pesawaran yang Masuk dalam Wisata Nasional:

  1. Pulau Pahawang
  2. Harapan Jaya
  3. Talang Mulya
  4. Banding Agung
  5. Batu Raja
  6. Cipadang
  7. Sukarame
  8. Pesawaran Indah
  9. Sumber Jaya
  10. Gunung Rejo
  11. Sungai Langka
  12. Batu Menyan
  13. Sidodadi.  (*/Andi/Ansori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *