Berita NasionalPolitik

Jangan Lupa, Debat Terakhir Pilpres 2024 Digelar Nanti Malam

63
×

Jangan Lupa, Debat Terakhir Pilpres 2024 Digelar Nanti Malam

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung (LB): Debat kelima yang merupakan segmen terakhir debat Pilpres 2024 akan digelar malam ini, Minggu (4/2/2024) Pukul 19.00 WIB, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat yang disiarkan langsung televisi penyelenggara debat tvOne, ANTV dan NET TV.

Debat kelima ini mengangkat Tema “Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi”, dengan menghadirkan para capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, untuk bertukar gagasan.

Komisioner KPU RI August Mellaz di Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024) lalu, menjelaskan debat akan dibagi 6 segmen. Dia juga mengatakan debat Capres ini tetap dibagi dalam 6 segmen. Namun, dia mengaku sempat ada usulan penambahan khusus untuk segmen keenam ini.

“Kalau pada debat-debat sebelumnya durasi closing statementnya waktunya 2 menit, maka ada usulan bagaimana kalau durasinya disamakan dengan penyampaian visi misi 4 menit, nah itu yang nanti kami bicarakan di tingkat pimpinan,” ujarnya seperti dikutip dari detikcom, Minggu (4/2/2024).

“Yang jelaskan kita punya alokasi waktu 150 menit totalnya, yang 120 menit untuk segmen on air, tapi kami akan bicarakan itu,” ujarnya.

Sementara itu, terkait pengamanan debat kelima Pilpres ini, Polri telah menyiapkan 2.292 personel kepolisian untuk mengamankan debat capres nanti malam.

“Personel pengamanan debat 2.292 orang yang terdiri dari personel Mabes Polri, Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam, Sabtu (3/2/2024).

Durasi dan Segmen Debat Terakhir Pilpres 2024

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023, debat capres-cawapres berlangsung selama 150 menit. Dengan pembagian 120 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk iklan.

Terdapat enam segmen dalam setiap debat capres maupun cawapres:

  • Segmen pertama, berisi pembukaan, pembacaan tata tertib, serta penyampaian visi-misi dan program kerja.
  • Segmen kedua, berisi pendalaman visi-misi dan program kerja.
  • Segmen ketiga, pendalaman visi-misi dan program kerja yang dilakukan moderator.
  • Segmen keempat dan
  • Segmen kelima, sesi tanya-jawab dan sanggahan.
  • Segmen keenam, penutup.

Rincian tema yang dibahas selama rangkaian debat Pilpres 2024:

  1. Debat pertama: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.
  2. Debat kedua: Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.
  3. Debat ketiga: Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.
  4. Debat keempat: Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.
  5. Debat kelima: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi. (AK)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *