Berita NasionalPertahanan Keamanan

Patroli TNI AL Halau Kapal Berisi Pengungsi Rohingya di Perairan Timur Pulau Weh

120
×

Patroli TNI AL Halau Kapal Berisi Pengungsi Rohingya di Perairan Timur Pulau Weh

Sebarkan artikel ini

Sabang (LB): Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bontang-907 menghalau sebuah kapal kayu di perairan timur Pulau Weh, Sabang, yang mengangkut pengungsi Rohingya.

Dikutip dari laman resmi TNI AL, Kamis (28/12/2023), kejadian berawal saat KRI Bintang-907 yang sedang berpatroli menerima informasi dari Guskamla Koarmada I jika ada kapal berisi pengungsi Rohingya hendak mendekat ke wilayah Indonesia.

Menerima informasi tersebut, Heli Panther AS 565 MBe HS 1309 yang onboard di KRI Bontang-907 segera terbang melakukan pengecekan, dan menemukan kapal kayu SHWE YA DANAR 3 yang membawa pengungsi Rohingya.

Selanjutnya, KRI Bontang-907 mengambil langkah shadowing menghalau kapal pengungsi Rohingya itu keluar dari perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia-India. TNI AL juga memastikan kapal tersebut tak kembali ke Indonesia.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali meminta jajarannya meningkatkan kesiapsiagaan operasi dan merespons cepat informasi yang diterima serta melaksanakan kerja sama dan bersinergi dengan instansi terkait dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *