oleh

Terima Kunker Gubernur, Pj. Bupati Lambar Siap Dukung Program Pemerintah

Lampung Barat (LB): Penjabat (Pj.) Bupati Lampung Barat (Lambar) Drs. Nukman, M.M. mengatakan Pemkab Lambar mendukung program pembangunan di Provinsi Lampung.

Hal itu disampaikan Nukman saat menerima Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi dalam silaturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung Barat (Lambar) di Sekolah Kopi Pekon Suka Jaya, Kecamatan Sumber Jaya, Selasa (24/1/2023).

Dalam kesempatan itu, Nukman juga mengucapkan terima kasih atas silaturahmi sekaligus pembinaan kepada Aparatur Sipil Negeri (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat.

Dia berharap kunjungan init menjadi momentum memperkuat sinergisitas antara Pemkab Lambar dan Pemerintah Provinsi dalam mendukung pembangunan di Lampung.

Pemkab Lambar, ujar Nukman, mendukung penuh program pembangunan di Lampung. Dukungan tersebut, ujarnya, dapat dilihat dari tema pembangunan Kabupaten Lambar Tahun 2023 yakni “Penguatan Ekonomi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur Publik”

FOTO BERSAMA. Dari kiri ke kanan: Dandim 0422/LB Letnan Kolonel Czi Anthon Wibowo, Pj. Bupati Lambar Drs. Nukman, M.M., Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, dan Metua DPRD Lampung Barat Edi Novial, S.Kom.

“Tema ini Pak Gubernur, tentu tidak lepas dari tema pembangunan Provinsi Lampung yang mendukung prioritas nasional,” ujar Nukman.

Dia berharap Pemerintah Provinsi Lampung terus mendukung pembangunan di Lampung Barat yang merupakan bagian wilayah Provinsi Lampung. Sebab, menurutnya, dukungan Pemprov Lampung sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pembangunan di Lambar.

“Di bidang infrastruktur pembangunan jalan Kecamatan Suoh sepanjang 1,15 km serta pembangunan jalan di Kecamatan Kebun Tebu senilai Rp 12 milyar,” katanya.

Dia juga berharap ke depan Pemerintah Provinsi Lampung dapat mendukung rencana Pembangunan ruas jalan Liwa – Sumatra Selatan sepanjang 19,1 kilometer.

Sementara itu, dalam kesempatan ini Arinal Djunaidi mengajak Pj. Bupati beserta jajaran menjadikan momentum tersebut sebagai salah satu wadah menjalin sinergisitas.

“Mari kita awali Tahun 2023 dengan niat melaksanakan seluruh program pembangunan yang lebih baik dan yang langsung menyentuh rakyat,” kata Arinal.

Gubernur mengatakan untuk mewujudkan sasaran pembangunan di Lampung perlu adanya kontribusi dan dukungan dari Kabupaten/Kota. Oleh karena itu, dia meminta Pemkab Lambar dapat berkontribusi dalam menjalankan pembangunan di Lampung.

“Saya ingin menegaskan, untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan
nasional, termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga pekon,” tegas Arinal.

Arinal juga menyampaikan Kabupaten Lambar ke depan butuh penguatan ekonomi rakyat dengan mengoptimalkan perkebunan kopi masyarakat melalui diversifikasi intercroping dan crop livestock ternak kambing dengan kopi untuk meningkatkan pendapatan petani.

“Mengingat PDRB per kapita Lambar saat ini terendah di Provinsi Lampung 24 juta per tahun per jiwa, juga produk hortikultura seperti cabai dan tomat yang saat panen harga jual jatuh, maka perlu dilakukan program hilirisasi terhadap produksi hortikultura,” ujarnya.

Untuk mendukung akses perekonomian di Kabupaten Lambar pada 2023 Pemerintah Provinsi Lampung akan melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan provinsi.

“Pembangunan ruas jalan Pekon Balak – Suoh, ruas jalan Suoh – Simpang Blok 9, ruas jalan Simpang Trimulyo – Bungin – Simpang Tugu Sari, dan pemeliharaan ruas jalan Liwa – batas Sumatera Selatan,” pungkasnya. (*/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *