oleh

Prof. Lusmeilia Resmi Mendaftarkan Diri Sebagai Calon Rektor Unila di Hari Guru Nasional

Bandar Lampung (LB): Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A. resmi mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Rektor Universitas Lampung Periode 2023-2027, Jumat (25/11/2022), bertepatan dengan Hari Guru Nasional.

Prof. Lusmeilia menyampaikan mendaftarkan diri sebagai calon Rektor Universitas Lampung dengan alasan seorang perempuan dapat lebih terorganisasi dalam memimpin suatu perguruan tinggi. Sebab, dia ingin menciptakan kampus yang mampu bersaing secara internasional.

“Perempuan itu lebih terorganisir dalam memimpin perguruan tinggi. Ini menjadi alasan saya, karena saya ingin Unila mampu bersaing di level internasional,” ujar Prof. Lusmeilia, Jumat (25/11/2022).

Menanggapi isu yang beredar saat ini, dia optimis mampu menjaga integritas akademik perguruan tinggi sebagai nilai dasar dari moralitas keilmuan dan tata kelola perguruan tinggi yang akuntabel dan objektif.

Dia juga menyampaikan mendaftarkan diri sebagai bakal calon rektor bertepatan dengan Hari Guru Nasional, hal tersebut sebagai momentum memberikan penghormatan dan apresiasi setinggi tingginya kepada para pendidik di Indonesia. Sebab, dia meyakini jasa seorang guru terbukti menjadikan kita mengetahui semua hal di dunia ini.

Profesor yang mendukung terwujudkan Kampus Merdeka Belajar ini juga mengingatkan pentingnya menghargai jasa para pahlawan pendidikan, salah satunya Ki Hajar Dewantara.

“Penting menghargai jasa para pendahulu seperti Ki Hadjar Dewantara. Beliau adalah guru sejati, bahkan kutipannya masih melegenda hingga sekarang yang selalu menjadi pedoman bagi guru ‘Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan yang baik, di tengah mampu menciptakan prakarsa dan ide, dari belakang harus memberikan dorongan dan arahan),” ujarnya.

Selanjutnya dia juga menyampaikan seorang pemimpin harus mampu memberikan contoh yang bisa diteladani baik, mampu memberi gagasan serta bisa memberi dorongan.

“Jadi seorang pemimpin harus mampu memberi contoh yang baik, mampu menjadi tauladan, memberikan gagasan dan mampu mendorong pendidik dimulai dari kampus tercinta yaitu, Universitas Lampung demi kemajuan bangsa,” tegasnya.

Saat ini Prof. Lusmeilia menjabat Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung. Keberhasilan kinerja memimpin LPPM dan pencapaian (Indikator Kinerja Utama) IKU 5 masuk dalam kategori selalu hijau.

Prestasi tersebut diperoleh selama 2 tahun berturut-turut dengan capaian kinerja lebih dari 300 persen. Selain itu, dia juga telah membuat terobosan untuk mendukung Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dengan menyediakan skim riset MBKM yang melibatkan dosen dan mahasiswa serta mitra, sehingga akan berdampak pada pencapaian IKU 2, IKU 3 dan IKU 6.

Capaian tersebut menjadi komitmen dan bukti tanggung jawab dan komitmennya yang besar terhadap pekerjaan. Sebelumnya, perempuan yang dikenal disiplin ini juga pernah menjabat sebagai Wakil Dekan I Fakultas Teknik Universitas Lampung pada 2005-2009, Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung pada 2009-2013, dan Pj. Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama Universitas Lampung pada 2015.

Bakal Calon Rektor Unila
Nama: Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A.

Riwayat Pendidikan:
Sarjana (S1): Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Magister (S2): Universite Nantes D E.A.
Doktoral (S3): Universite De Caen

Riwayat Jabatan
1. Wakil Dekan I Fakultas Teknik Universitas Lampung (2005 – 2009)

2. Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung (2009 – 2013)

3. Pj. Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama Universitas Lampung (2015)

4. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung (dijabat saat ini). (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.