oleh

Kunjungi Tubaba, Gubernur Arinal Berdialog dengan Forkopimda dan Tokoh Masyarakat

Tubaba (LB): Kunjungan Kerja ke Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berdialog dengan Jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Kepala Tiyuh, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat di Nuwo Sesat Agung, Kompleks Islamic Center, Rabu (23/11/2022).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pj. Bupati beserta jajaran dan seluruh masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat yang telah bekerja keras melanjutkan pembangunan.

“Saya sampaikan penghargaan kepada Penjabat Bupati beserta seluruh jajaran yang telah bekerja keras mewujudkan kerja sama yang baik sekaligus menjadi bukti Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten senantiasa bersinergi dalam melaksanakan rangkaian proses pembangunan di Provinsi yang kita cintai ini,” ucap Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga memantapkan kembali cara pandang bersama, bahwa untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan nasional, termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Tiyuh.

“Ada 2 (dua) agenda yang saya sampaikan. Pertama, terkait perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang menjadi fokus dan target kita bersama pada tahun ini maupun tahun-tahun mendatang. Kedua, adalah tugas dan kewajiban kita bersama mengatasi sejumlah isu dan permasalahan pembangunan yang menghambat kemajuan daerah di Provinsi Lampung,” ujar Arinal.

 

Pada agenda pertama, ujar Gubernur, banyak pencapaian yang telah berhasil diraih Pemerintah Provinsi Lampung di tahun ini, di antaranya adalah kesuksesan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung sehingga diapresiasi Pemerintah Pusat dan diberi penghargaan Terbaik dalam Penanganan Covid-19.

Kemudian pada Triwulan III tahun 2022 ini laju pertumbuhan ekonomi Lampung tumbuh sebesar 3,91 (y on y), Tingkat Pengangguran Terbuka pada Februari 2022 sebesar 4,31 persen. Demikian juga dengan Tingkat Kemiskinan Periode Maret 2022 mencapai penurunan terbesar Nasional, berada di level 11,57 persen.

Data statistik juga menunjukkan inflasi Provinsi Lampung Oktober 2022 mengalami deflasi 0,2 persen (m to m). Keadaan tersebut sangat mendukung stabilitas makro ekonomi daerah.

Berkenaan agenda kedua, untuk mencapai visi “Rakyat Lampung Berjaya”, Gubernur menyatakan dibutuhkan kerja keras dan fondasi kokoh yang terus-menerus dipersiapkan.

“Perekonomian Lampung memerlukan tingkat pertumbuhan yang tinggi dan berkelanjutan, ditopang sektor yang bernilai tambah tinggi. Perbaikan kualitas sumber daya manusia dan penyediaan infrastruktur yang handal harus terus kita tingkatkan. Kita juga harus mampu berinovasi dan menguasai teknologi dengan membangun dan mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk menjawab kebutuhan masa depan,” papar Gubernur.

“Saya ingin semua Pejabat punya inovasi dan mengerahkan segala kemampuan dan kompetensi teknis, manajerial dan sosial-kultural yang dimiliki untuk mencapai target dari sasaran pembangunan,” ungkapnya.

Menurut Gubernur, Pemerintah Provinsi Lampung memiliki program/kegiatan pembangunan strategis yang perlu disinergikan oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, diantaranya Program Kartu Petani Berjaya (KPB), Smart Village, Smart School, Pengembangan Kawasan Pertanian Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan, Pengembangan infrastruktur transportasi hingga pengentasan kemiskinan ekstrim dan penanganan Stunting.

“Selain sebagai kabupaten peternakan, saya juga akan menjadikan Kabupaten Tubaba sebagai Kabupaten penghasil Benih padi ladang yang harum dan lembut, karena disini terdapat Proyek Penelitian Padi Gogo di Desa Penumangan dengan Luasan area tanaman padi Gogo pada lahan kering di Tulang Bawang Barat ini terhampar seluas 84 ha,” ucap Gubernur.

Selain itu Gubernur juga berencana untuk kembali melakukan pelepasan benih ikan di Tulang Bawang Barat sebagai upaya pengembangan dan peningkatan perikanan endemik lokal Lampung.

Sementara itu, Pj. Bupati Tulang Bawang Barat, Zaidirina, menyatakan sinergi program-program Prioritas Pemerintah Provinsi Lampung terus didorong oleh Pemkab Tubaba untuk mewujudkan visi dan misi Rakyat Lampung Berjaya.

“Fokus Program Pemerintah Provinsi Lampung seperti penurunan angka stunting, Lampung sebagai sentra ternak, Kartu Petani Berjaya dan pendirian mall pelayanan publik terus kami wujudkan dengan menyiapkan layanan berbasis teknologi informasi melalui pengintegrasian program Smart Village,” ucap Zaidirina.

Menurut Zaidirina, dari 100 tiyuh di Kabupaten Tubaba, 93 tiyuh telah menerapkan Program Smart Village dan telah terintegrasi ke tingkat kecamatan hingga kabupaten. Begitu juga dengan Kartu Petani Berjaya, 60% petani di Kabupaten Tubaba telah merasakan manfaatnya.

“Kemudian sesuai arahan Pak Gubernur, kemarin kita menjuarai teknologi tepat guna mesin pencacah untuk pakan ternak. Kita sudah bikin 7 unit dan telah diserahkan kepada para peternak. Alhamdulillah disambut baik, terima kasih atas dukungan Bapak Gubernur selama ini terhadap petani dan peternak di Kabupaten Tulang Bawang Barat,” ujar Zaidirina.

Pada kegiatan tersebut, Gubernur juga menebar benih ikan jelabat 500 ekor dn ikan nila putih 2.500 ekor di kolam Kompleks Islamic Center,  Tulang Bawang sebagai upaya pelestarian ikan endemik Lampung. (kmf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.