oleh

Kepala Bappeda Wakili Gubernur Hadiri Pelantikan Pengurus DPD dan DPC PPUMI Lampung

Bandar Lampung (LB): Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, diwakili Kepala Bappeda Provinsi Lampung,  Mulyadi Irsan, menghadiri Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC)  Pemberdayaan Perempuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia (PPUMI) Provinsi Lampung di Gedung Student Center FEB Universitas Lampung, Selasa (15/11/2022). 

Pelantikan Pengurus DPD dan DPC PPUMI Provinsi Lampung Periode 2021-2026  ini juga dihadiri Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal. Dalam kesempatan  tersebut juga digelar Bazar UMKM serta Literasi Keuangan oleh Bank Indonesia (BI). 

Menyampaikan sambutan tertulis Gubernur, Mulyadi Irsan berharap pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab membawa PPUMI menjadi lebih baik serta mampu mewujudkan perempuan UMKM yang berdaya saing tinggi dan menjadi sentra pemberdayaan UMKM di Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung

“Usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional, UMKM berkontribusi penting bagi sektor ekonomi,” ujarnya. 

UMKM menyerap hingga 97% dari total tenaga kerja serta memberikan kontribusi 61% terhadap PDB nasional tiap tahunnya, sektor ini memberikan persentase yang besar dalam pengurangan jumlah pengangguran di Indonesia. Hal ini menjadi penting di tengah situasi ketidakpastian ekonomi yang kian meningkat, UMKM bisa menjadi penyelamat jika kehadirannya dapat dimaksimalkan. 

“Untuk itu pemerintah terus mendorong para UMKM khususnya UMKM perempuan agar dapat berkembang dan maju secara optimal. Hadirnya PPUMI di Lampung ini diharapkan bisa berkontribusi terhadap ekonomi kerakyatan di Lampung. Peran lembaga ini akan diharapkan menguatkan ekonomi Lampung,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menyampaikan pentingnya untuk mewujudkan perempuan UMKM yang berdaya saing. Sebab menurut Riana Sari, UMKM berperan penting bagi perekonomian Indonesia dengan jumlah yang mencapai 64 juta kelompok usaha dan berkontribusi secara signifikan bagi upaya pemulihan ekonomi nasional. 

Saat ini kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto PDB Indonesia mencapai 61%, dengan kemampuan penyerapan tenaga kerja mencapai 97% dari total penyerapan tenaga kerja nasional, untuk itu visi dan misi untuk memperkuat perempuan UMKM sangat sejalan dengan visi dan misi dekranasda provinsi Lampung sebagai Mitra pemerintah dalam mewujudkan kemandirian ekonomi Indonesia. 

Banyaknya destinasi wisata, posisi geografis yang sangat strategis, kearifan lokal dan kekayaan wastra di Lampung seperti tapis Sulam Jelujur dan batik Lampung beserta kuliner dan lainnya, berpotensi besar untuk terus dikembangkan dalam upaya mendukung pembangunan di sektor UMKM.

“Saya sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Lampung yang membawahi UMKM yang bergerak di bidang wastra dan turunannya. Adanya PPUMI bisa menjadi mitra baru bagi kita, mudah-mudahan ke depan kita bisa bersinergi mengangkat UMKM di Provinsi Lampung ini naik kelas dan menjadikan UMKM di Provinsi Lampung lebih maju lagi,” ucapnya.

Hadir pada acara pelantikan, Wakil Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lampung Toni Nur Cahyo, Ketua Bidang II TP. PKK Provinsi Lampung Rusdiana Adi Erlansah, Ketua DPP PPUMI Dr. Munifah Syanwai, Dekan FEB Unila Dr. Nainbi. (kmf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.