oleh

Bupati Lampung Barat Parosil Hadiri HUT Ke-71 IBI

Bupati Lampung Barat Parosil Hadiri HUT Ke-71 IBI

LAMPUNG BARAT (LB): Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus menghadiri acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dengan Tema “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju” yang digelar di Aula Rumah Sakit Alimuddin Umar Kecamatan Balik Bukit, Senin (19/9/2022).

Dalam sambutannya, Bupati mengaku bangga dan bahagia dapat bertatap muka langsung dengan bidan yang bertugas di Kabupaten Lampung Barat.

“Saya sangat bangga dan bahagia bisa bertatap muka hari ini karena bidan merupakan profesi yang sangat mulia,” kata Parosil.

Dia juga mengingatkan perjuangan gigih para tenaga kesehatan selama dua tahun enam bulan Indonesia diterpa badai Covid-19. Selama masa Pandemi, ujar Parosil, petugas kesehatan berjuang dengan gigih dan tangguh dengan rasa kemanusiaan menjadi garda terdepan melawan Covid-19.

“Saat ini situasi sudah berangsur normal. Kita patut bersyukur karena sudah diperbolehkan melakukan kegiatan keramaian. Hal ini tentu juga berkat usaha keras para bidan, baik yang berada di pekon, puskesmas maupun di rumah sakit,” ujar Parosil.

Parosil juga mengapresiasi tenaga kesehatan yang masih berstatus Honor Daerah (Honda) dan tenaga suka rela yang selama ini sudah bertugas penuh tanggung jawab serta tulus mengabdikan diri untuk menjadi garda terdepan bagi kesehatan masyarakat.

Adanya kebijakan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diinisiasi Pemerintah Pusat, merupakan salah satu bentuk keseriusan dalam memperhatikan petugas kesehatan.

Menurut Parosil, profesi kesehatan harus mendapat perhatian serius karena kesehatan merupakan prasyarat untuk mewujudkan Indonesia Emas di Tahun 2045. Sebab, jika masyarakatnya tidak sehat maka hal itu tidak dapat terwujud.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua IBI Provinsi Lampung Mery Destiaty, S.K.M., M.Kes. yang telah memberi dukungan sehingga IBI Kabupaten Lampung Barat mampu berkontribusi nyata kepada pemerintah.

“Saya berpesan kepada bidan yang ada di Lampung Barat supaya dapat memberi pemahaman kepada masyarakat pentingnya memanfaatkan pekarangan rumah dengan melakukan pangan mandiri. Tujuannya adalah agar menghasilkan produk pertanian yang bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan yang murah tapi menyehatkan untuk ibu dan anak,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua IBI Provinsi Lampung Mery Destiaty mengatakan pada 2022 ini IBI berusia 71 tahun. Meskipun usianya sudah terbilang tua, dia menyebut tidak menyurutkan semangat untuk terus memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat di bidang kesehatan.

“Walaupun usia kami sudah 71 tahun, tapi semangat kami tetap seperti usia 17 tahun,” ujarnya.

Selanjutnya dia menjelaskan IBI merupakan petugas kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat karena tersebar pekon, kecamatan hingga rumah sakit.

“Anggota IBI ini banyak yang mengabdi di pekon-pekon sehingga aksesnya berada di tengah-tengah masyarakat maka otomatis mereka bisa dekat dengan masyarakat,” ucapnya.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lampung Barat di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Parosil – Mad Hasnurin (PM) karena sudah memberi perhatian pada bidan di Kabupaten Lampung Barat,” pungkasnya.

Dalam laporannya Ketua Penyelenggara Eva Sudiana Yuliarti, S.S.T. menyampaikan sebelum puncak HUT IBI digelar, berbagai kegiatan telah dilaksanakan, di antaranya layanan imunisasi yang digelar 11 – 18 April.

Selanjutnya, Gebyar Pelayanan KB di seluruh Pendampingan Praktik Mandiri Bidan (PMB) di Kabupaten Lampung Barat (18 April s.d. 29 Mei), pembagian 40 paket sembako bagi ibu hamil dan bayi, sosialisasi perawatan kehamilan dan pemberian makan pada balita untuk mencegah stunting.

“Ada juga Seminar sehari dengan materi pengaturan pola makan, jenis makanan dan porsi makan pada ibu hamil dan balita dalam rangka mencegah stunting pendidikan profesi bidan yang digelar di hari puncak HUT IBI yang diselenggarakan di Kabupaten Lampung Barat,” ungkap Eva. (*/sandori)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.