BANDAR LAMPUNG (lampungbarometer.id): Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bandar Lampung mengadakan Program Menyeruput Berkah Ramadhan dengan melayani Perubahan Hak On Location perdana di Kota Bandar Lampung, Kamis (29/4/2021).
Adapun lokasi pertama yang menjadi tempat pelayanan peningkatan Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Hak Milik (HM) yakni di Masjid Al-Jihad, Perumahan Gunter 1, Kelurahan Gunung Terang, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung.
Kasi Pendataan Hak dan Pendaftaran Badan Pertanahan Nasional Kota Bandar Lampung Heru, S.P., mengatakan kegiatan ini bertujuan melayani masyarakat agar lebih mudah dalam mengurus peningkatan hak milik sehingga masyarakat tidak harus ke kantor pertahanan secara langsung.
“Ini inisiatif BPN Bandar Lampung memberi pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus surat menyurat kepemilikan rumah sekalian ngabuburit Ramadhan. Program ini juga untuk memberi informasi pada masyarakat bahwa mengurus surat kepemilikan itu mudah, tidak serumit yang dipikirkan masyarakat selama ini,” ujar Heri.
Di tempat yang sama Kepala BPN Kota Bandar Lampung Djudjuk Tri Handayani, S.H., saat meninjau kegiatan tersebut menjelaskan pengurusan peningkatan Hak Guna Bangun menjadi Hak Milik mudah dan cepat “Satu Hari”, asalkan persyaratan pemohon sudah lengkap.
“Peninjauan dilakukan untuk memastikan program ini berjalan lancar karena ini pertama kalinya BPN melakukan pelayanan on location. Kalau persyaratan pemohon lengkap, kami pastikan selesai satu hari. Namun memang ini sedikit lambat karena faktor jaringan kurang mendukung, selebihnya jika terjadi kekurangan maka akan kami evaluasi ulang,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua RT 02, Kelurahan Gunung Terang Drs. Asyidin Mursyad saat ditemui wartawan lampungbarometer.id mengucapkan terima kasih kepada pihak BPN Bandar Lampung yang telah memberi pelayanan dalam peningkatan hak milik di lokasi. Sehingga masyarakat tidak perlu bolak balik ke kantor BPN mengurus surat menyurat kepemilikan tanah dan bangunan.
“Alhamdulillah setelah melalui proses dan kesabaran dalam mengurus dan menunggu, akhirnya pihak BPN bersedia hadir melayani masyarakat di lokasi. Kami merasa terbantu dan cukup puas dengan pelayanan ini. Di masa depan kami harap sosialisasi dan pelayanan terus ditingkatkan serta program ini terus berkelanjutan,” pungkas Asyidin. (Herdi)