Bandar Lampung

Pemekaran Daerah, Lampung Berpotensi Tambah 8 Kabupaten Baru

1144
×

Pemekaran Daerah, Lampung Berpotensi Tambah 8 Kabupaten Baru

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung (LB): Banyak daerah yang mengusulkan pemekaran atau Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) ke Kementerian Dalam Negeri. Pemekaran daerah adalah pemecahan daerah provinsi atau kabupaten/kota menjadi dua atau lebih daerah baru.

Peraturan terkait pemekaran daerah diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pemekaran daerah dilakukan setelah diberlakukannya otonomi daerah agar daerah dapat mengelola wilayah secara maksimal.

Menurut hasil evaluasi Kementerian Dalam Negeri, sebagian besar daerah otonomi baru (DOB) mengalami kegagalan. Terdapat 205 daerah otonomi baru di tahun 1999–2009 dan sekitar 78% tidak mampu mandiri karena pemerintahan kurang berjalan maksimal dan terlalu bergantung pada anggaran pemerintah pusat.

Provinsi Lampung yang terletak di ujung paling selatan Pulau Sumatra dan merupakan wilayah paling dekat dengan Pulau Jawa karena hanya dibatasi oleh Selat Sunda. Dengan luas wilayah 33.575, 41 Km2, saat ini Provinsi Lampung memiliki 15 kabupaten/kota. Jumlah tersebut berpotensi bertambah karena adanya wacana dan usulan pemekaran beberapa kabupaten baru.

Berikut nama-nama 8 calon kabupaten baru di Provinsi Lampung:

1. Kabupaten Lampung Tenggara

Kabupaten Lampung Tenggara diwacanakan akan dimekarkan dari Kabupaten Lampung Timur. Kabupaten Lampung Tenggara nantinya akan terdiri dari 12 kecamatan dengan ibu kota di Labuhan Maringgai. Calon Kabupaten Lampung Tenggara memiliki luas sekitar 2.344 km2 dengan jumlah penduduk pada 2023 sebesar 548.000 jiwa.

12 kecamatan yang nantinya masuk wilayah Kabupaten Lampung Tenggara, yaitu: Pasir Sakti, Jabung, Gunung Pelindung, Waway Karya, Marga Sekampung, Melinting, Mataram Baru, Sekampung Udik, Labuhan Maringgai, Badar Sribhawono, Way Jepara, dan Braja Selebah.

2. Kabupaten Tulang Bawang Timur

Tulang Bawang Timur direncanakan akan dimekarkan dari Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Mesuji. Calon Kabupaten Tulang Bawang Timur memiliki luas 1.363 km2 dengan ibu kota direncanakan di Gedung Aji. Per tahun 2023 jumlah penduduknya 210.000 jiwa.

Wilayah yang nantinya masuk Kabupaten Tulang Bawang Timur, yaitu Kecamatan Rawapitu, Meraksa Aji, Penawaraji, Gedung Aji, Penawartama, Gedong Aji Baru, Rawajitu Timur, Rawajitu Selatan, dan Rawajitu Utara

3. Kabupaten Way Kanan Hilir

Way Kanan Ilir akan dimekarkan dari Kabupaten Way Kanan. Rencananya calon Kabupaten Way kanan hilir terdiri dari tujuh Kecamatan. Untuk calon ibu kota masih dikaji sehingga belum ditentukan. Calon Kabupaten Way kanan hilir memiliki luas 2.226 km persegi dan jumlah penduduknya per tahun 2023 sebesar 208.000 jiwa.

4. Kabupaten Seputih Timur

Akan dimekarkan dari Kabupaten Lampung Tengah rencananya calon Kabupaten Seputih Timur terdiri dari 8 kecamatan. Untuk ibu kotanya direncanakan di Bumi Nabung. calon Kabupaten Seputih Timur memiliki luas 1.807 Km persegi dan jumlah penduduknya pada 2023 sebesar 366.000 jiwa.

Nama-nama kecamatan yang nantinya masuk wilayah Kabupaten Seputih Timur yaitu: Bumi Nabung, Seputih Banyak, Way Seputih, Rumbia, Putra Rumbia, Bandar Mataram, Seputih Surabaya dan Bandar Surabaya.

5. Kabupaten Seputih Barat

Kabupaten Seputih Barat akan dimekarkan dari Kabupaten Lampung Tengah rencananya calon Kabupaten Seputih barat terdiri dari delapan kecamatan dengan ibu kotanya direncanakan berada di Padang Ratu. Calon Kabupaten Seputih Barat memiliki luas 1.172 km persegi dan jumlah penduduknya per tahun 2023 sebesar 436.000 jiwa.

Wilayah Kabupaten Seputih Barat nantinya meliputi Kecamatan Padang Ratu, Anak Tuha, Anak Ratu Aji, Bangun Rejo, Kalirejo, Pubian, Sendang Agung dan Selagai Lingga

6. Kabupaten Sungkai Bunga Mayang

Sungkai Bunga Mayang akan dimekarkan dari Kabupaten Lampung Utara rencananya calon Kabupaten Sungkai Bunga Mayang terdiri dari 8 Kecamatan dengan ibu kotanya di Bunga Mayang. Calon Kabupaten Sungkai Bunga Mayang memiliki luas sekitar 935 Km2 dan jumlah penduduknya per 2023 sebesar168.000 jiwa.

Kecamatan yang akan bergabung termasuk Bunga Mayang, Hulu Sungkai, Muara Sungkai, Sungkai Selatan, Sungkai Barat, Sungkai Utara, Sungkai Jaya, dan Sungkai Tengah.

7. Kabupaten Cukuh Bandagh Lima

Wacana daerah otonomi baru juga muncul dari Kabupaten Tanggamus yang akan dimekarkan dan bertambah satu kabupaten, yakni Kabupaten Cukuh Bandagh Lima dan terdiri dari lima kecamatan. Ibu kotanya belum ditentukan calon kabupaten ini memiliki luas 601 Km2 dan jumlah penduduk per tahun 2023 sebesar 100.000 jiwa.

Lima kecamatan yang nantinya akan tergabung Kabupaten Cukuh Bandagh Lima, yakni Kecamatan Bulok, Limau, Cukuh Balak, Kelumbayan, dan Kelumbayan Barat.

8. Kabupaten Natar Agung

Kabupaten Natar Agung diwacanakan akan menjadi daerah otonomi baru dimekarkan dari Kabupaten Lampung Selatan. Calon kabupaten ini terdiri dari lima kecamatan, yaitu Kecamatan Natar, Jati Agung, Tanjungsari, Tanjung Bintang, dan Merbau Mataram.

Untuk ibu kota kabupaten direncanakan di Jati Agung. Calon Kabupaten Natar Agung memiliki luas sekitar 762 km persegi dan jumlah penduduk pada 2023 sebesar 500.000 jiwa.

Itulah daftar 8 calon daerah otonomi baru di Provinsi Lampung dikutip dari akun YouTube Atlantis People, Selasa (9/7/2024). Layak dinanti kepastiannya kapan daerah otonomi baru ini akan terwujud. (red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *