Politik

Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Lampung Rycko Menoza Dipastikan Melenggang ke Senayan

98
×

Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Lampung Rycko Menoza Dipastikan Melenggang ke Senayan

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung (LB): Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Lampung Rycko Menoza dipastikan melenggang ke Senayan. Kepastian ini diperoleh setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengesahkan rekapitulasi perolehan suara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung I dari Partai Golkar yang sempat ditunda.

Dalam rapat pleno KPU RI yang digelar di Jakarta pada Senin (11/3/2024), saksi dari Partai Golkar akhirnya mengizinkan KPU Lampung melanjutkan pembacaan rekapitulasi hasil perolehan suara Dapil Lampung I dari Partai Golkar.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dibacakan KPU Lampung, perolehan suara Rycko Menoza tetap di posisi teratas dengan perolehan 53.813 suara. Di posisi kedua adalah Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Lodewijk F Pulaus dengan perolehan 50.093 suara.

“Bismillah, sah. Rekapitulasi perolehan suara DPR RI Lampung I,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Senin (11/3/2024).

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan sebelumnya saksi Partai Golkar sempat meminta pembacaan rekapitulasi suara ditunda karena akan diteliti di internal partai. Setelah perolehan suara diteliti di internal partai, saksi dari Partai berlambang pohon beringin itu mengizinkan pleno dilanjutkan.

Berdasarkan Form D di 8 hasil pleno tingkat kabupaten/kota dari Dapil Lampung 1, Rycko Menoza unggul di Lampung Selatan dengan perolehan 24.364 suara dan di Kota Bandar Lampung dengan raihan 18.580 suara.

Dengan Raihan suara terbanyak di Partai Golkar Dapil Lampung maka mantan Bupati Lampung Selatan Periode 2010-2015 yang juga putra mantan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP ini dipastikan duduk di Senayan menggeser petahana yang juga Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F. Paulus.

Diinformasikan, Daerah Pemilihan Lampung 1 meliputi: Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat.

Dari sebaran 8 kabupaten/kota tersebut, alokasi kursi yang diperebutkan sebanyak 10 kursi. Hasil penghitungan jumlah keseluruhan perolehan suara partai di Dapil Lampung 1 tersebut, Partai Gerindra dan PDIP mendapatkan 2 kursi, sedangkan PKB, Golkar, NasDem, PAN, Demokrat, dan PKS masing-masing mendapatkan 1 kursi. (R-2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *