Pemprov Lampung

Jelang Pemilu, Pemprov Gelar Rapat dengan Forum Kadis Dukcapil Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung

1175
×

Jelang Pemilu, Pemprov Gelar Rapat dengan Forum Kadis Dukcapil Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung (LB): Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar Rapat Forum Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dalam rangka Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Menjelang Pemilu 2024 di Ball Room Kyriad Hotel, Rabu (27/12/2023).

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Arinal Djunaidi, menyampaikan kegiatan ini sebagai sarana evaluasi dan perbaikan kinerja Disdukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam melayani masyarakat.

“Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil berperan memutakhirkan data kependudukan, mengamankan data dan melakukan persiapan menjelang Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah, terutama penuntasan perekaman pemilih pemula,” ucap Fahrizal.

Diinformasikan pada 2023 ini, Disdukcapil Provinsi Lampung mendapat penghargaan Dukcapil Prima untuk Kategori Provinsi Dengan Jumlah Penduduk Besar dari Kementerian Dalam Negeri.

“Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari peran Forum Kadis Dukcapil Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung yang terus berupaya meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang profesional, memenuhi standar teknologi informasi, dinamis, tertib, dan tidak diskriminatif,” ungkap Fahrizal.

“Forum ini juga penting untuk memperlancar komunikasi dan koordinasi Disdukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dengan Pemerintah Pusat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Provinsi Lampung sekaligus Ketua Penyelenggara Kegiatan, Lukman, menyampaikan rapat ini bermaksud menyamakan persepsi serta sebagai forum diskusi untuk menemukan solusi dari masalah terkait kebijakan terbaru.

“Kegiatan ini penting bagi pejabat yang menangani pelayanan kependudukan. Diharapkan forum ini dapat meningkat kan komunikasi sehingga tugas koordinasi, pembinaan, dan pengawasan Disdukcapil Provinsi terhadap Disdukcapil Kaupaten/Kota dapat berjalan lebih efektif, dan efisien,” ucap Lukman.

Dalam kegiatan ini, Gubernur Arinal Djunaidi diwakili Sekdaprov Fahrizal memberikan penghargaan berupa dana bantuan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung Tahun 2023.

Berdasarkan SK Gubernur Nomor G/801/V.II/HK/2023 tentang Hasil Penilaian Kinerja Disdukcapil Kabupaten/Kota Semester II Tahun 2022 dan Semester I Tahun 2023, Kategori Sangat Baik diraih Disdukcapil Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan, sedangkan 13 kabupaten/kota yang lain masuk Kategori Baik.

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan dua narasumber, yakni dari Dirjen Dukcapil Kemendagri yang diwakili Pejabat Penanggung Jawab Provinsi Lampung Ahmad Ridwan dan Anggota KPU Provinsi Lampung Agus Riyanto. (adp/kmf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *