Pesawaran

Tingkatkan Ketahanan Pangan Warga, Pemdes Sanggi Beri Bantuan 43 Ribu Bibit Ikan

61
×

Tingkatkan Ketahanan Pangan Warga, Pemdes Sanggi Beri Bantuan 43 Ribu Bibit Ikan

Sebarkan artikel ini

Pesawaran (LB): Pemerintah Desa Sanggi, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung menggiatkan program Ketahanan Pangan Masyarakat dengan memberikan bantuan 43 ribu bibit ikan lele beserta kolam terpal dan pakan kepada 30 warga, Selasa (5/12/2023).

Kepala Desa Sanggi, Harli, mengatakan program kegiatan ketahanan pangan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sebab, dengan banyak mengonsumsi ikan diharapkan kesehatan dan kecerdasan masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja semakin baik.

“Kegiatan ketahanan pangan ini kita laksanakan dengan tujuan utama ingin meningkatkan perekonomian warga. Dengan kita bantu bibit dan seluruh keperluan untuk beternak ikan lele, diharapkan bisa membantu ekonomi warga,” ujar Harli.

“Program ini kita lakukan di empat dusun, yaitu: Dusun 02, Dusun 03, Dusun 04, dan Dusun 05 terdiri dari 30 KPM. Ini di awal kita bagikan bibit ikan lele sebanyak 43.000 ekor,” imbuhnya.

TUANG BIBIT IKAN. Tampak warga sedang menuang bibit ikan lele dari kantong plastik ke dalam ember sebelum dilepas di kolam yang sudah disiapkan.

Selanjutnya dia mengungkapkan kegiatan ini mulai dilaksanakan sejak 5 Desember 2023. Menurutnya, dalam program ini pihak desa memberikan bantuan paket lengkap, yakni: kolam terpal, bibit ikan, dan pakan. Warga, tinggal memelihara dan merawat dengan sebaik-baiknya hingga masa panen dan siap dijual.

Program ini disambut gembira oleh warga, terutama ibu-ibu yang mengaku sangat senang dan mendukung program ini karena dianggap sangat membantu perekonomian keluarga dan meningkatkan gizi anak-anak dengan banyak mengkonsumsi ikan.

“Alhamdulillah program ini disambut antusias, terutama oleh emak-emak. Menurut mereka program ini selain untuk menambah kegiatan juga bisa membantu perekonomian keluarga dan meningkatkan gizi anak-anak. Syukur masyarakat menyambut baik program ini,” pungkasnya. (Ansori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *