Pesawaran

Bupati Dendi: Pentingnya Literasi Digital Untuk Ciptakan SDM Berkualitas di Era Industri 4.0

64
×

Bupati Dendi: Pentingnya Literasi Digital Untuk Ciptakan SDM Berkualitas di Era Industri 4.0

Sebarkan artikel ini

Pesawaran (LB): Literasi digital berperan penting dalam menyediakan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi menghadapi tantangan digital pada perubahan dinamika global di era Industri 4.0 dan Society 5.0.

Hal itu disampaikan Bupati Kabupaten Pesawaran Dendi Ramadhona pada Festival Literasi Digital 2023 Program Gerakan Nasional Literasi Digital Segmen Kelompok Masyarakat/Komunitas bersama Kemenkominfo di Wilayah Sumatera di Gedung Graha Adora Pesawaran, Kamis (31/8/2023).

Menurut Dendi, dinamika global saat ini menuntut seluruh sektor beradaptasi dengan perkembangan digital agar mampu bertahan. Oleh sebab itu, dia berharap kegiatan literasi ini dapat meningkatkan literasi digital masyarakat dalam menghadapi era transformasi digital di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Pesawaran.

“Kecakapan masyarakat dalam menguasai perangkat teknologi informasi sangat diharapkan untuk menunjang aktivitas kehidupan di lingkungan keluarga, dunia kerja maupun di masyarakat,” ucap Bupati.

Selanjutnya Dendi juga mengatakan Pemkab Pesawaran akan terus bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya meningkatkan literasi digital masyarakat dan melahirkan sumber daya manusia (SDM) digital yang unggul, berdaya saing dan melayani, salah satunya dengan Pesawaran Digital Academy.

Lebih lanjut dia mengatakan meskipun kegiatan ini berlangsung singkat, diharapkan dapat meningkatkan literasi digital masyarakat Kabupaten Pesawaran.

“Saya berharap acara ini dapat digalakkan sampai tingkat desa. Karena tidak hanya kaum milenial, generasi yang tua pun harus paham apa itu literasi digital. Tidak ada kata terlambat untuk belajar,” imbuhnya.

Bupati juga berpesan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini sungguh-sungguh sehingga dapat menambah pengetahuan, meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang kinerja sesuai profesinya masing-masing, serta siap menjadi agen perubahan di masyarakat.

Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Semuel A. Pangerapan secara virtual menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya peningkatkan penggunaan teknologi dengan literasi digital agar masyarakat dapat menggunakan teknologi dengan bijak, selalu siap dalam menghadapi transformasi digital.

“Dalam mencapai visi misi, Kemenkominfo sebagai fasilitator bersama Gerakan Literasi Digital hadir memberikan pengetahuan terkait literasi digital,” ujarnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari berbagai profesi, di antaranya Kadis Kominfo Provinsi Lampung Ahmad Saefulloh, Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Lampung Rycko Menoza SZP, Japelidi Head Of Centre For Publication Xenia Angelica Wijayanto, Sekretaris Relawan TIK Kabupaten Mesuji Baruna Wisnu Wardana, Dosen Polinela Faturahman Kurniawan Ikhsan, Dosen Program Study Sistem Komputer Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Sabam Perjuangan. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *