Desa

Demi Pemerataan, Desa Batu Menyan Bagikan 2,8 Ton Beras Bantuan Kepada 640 Warga Miskin

21
×

Demi Pemerataan, Desa Batu Menyan Bagikan 2,8 Ton Beras Bantuan Kepada 640 Warga Miskin

Sebarkan artikel ini

Pesawaran (LB): Kepala Desa Batu Menyan, Syahruji, memberikan penjelasan dan klarifikasi terkait pembagian beras bantuan pemerintah sebayak 4,4 kilogram per KPM, Senin (29/5/2023).

Hal tersebut disampaikan Syahruji dalam pertemuan yang dihadiri Kepala Dusun Ketapang Timur, Dusun Ketapang Barat, Dusun Margo Dalam, Dusun Way Sabu, Dusun Cibeurem, dan para ketua RT se-Desa Batu Menyan.

“Pertemuan ini dilaksanakan untuk meluruskan informasi yang beredar bahwa terjadi penyelewengan beras bantuan. Kita undang para Kadus dan RT untuk memberikan penjelasan terkait informasi tersebut,” ujar Kades Batu Menyan Syahruji, Selasa (30/5/2023).

Kepala Dusun Marga Dalom, Edwin Heri Susanto, menjelaskan di Desa Batu Menyan tercatat 282 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar mendapat bantuan beras dari pemerintah sebanyak 2.820 kilogram, masing-masing mendapat 10 kilogram.

Namun, karena banyak warga miskin yang tidak masuk dalam daftar penerima bantuan maka berdasarkan kesepakatan RT, Kepala Dusun dengan persetujuan BPD dan KPM, beras tersebut dibagi rata.

“Karena rasa peduli dan belas kasih sesama warga maka para kadus dan ketua RT bermusyawarah agar bantuan beras tersebut dibagikan merata kepada semua warga miskin, termasuk yang tidak masuk daftar penerima. Usulan ini kemudian disampaikan kepada Kades Syahruji,” ucap Edwin.

“Keputusan ini berdasarkan persetujuan para kepala dusun dan ketua RT yang disetujui BPD. Sebab berdasarkan pengamatan kami, banyak keluarga miskin tidak masuk daftar penerima bantuan tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya Edwin menjelaskan sesuai kesepakatan, beras bantuan tersebut dibagikan kepada 640 keluarga dengan alokasi masing-masing menerima 4,4 kilogram beras.

“Kami para kadus memastikan pembagian beras ini dilakukan dengan persetujuan para KPM dan hingga saat ini tidak ada laporan atau keluhan warga terkait pembagian beras tersebut,” ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Desa Batu Menyan, Munawir, mengatakan pembagian beras bantuan bagi 282 KPM dengan jumlah tonase 2.800 kg dibagikan secara merata kepada 640 keluarga berdasarkan kesepakatan seluruh kepala dusun dan ketua RT yang disetujui BPD.

“Benar beras bantuan untuk 282 KPM dengan jumlah tonase 2.800 kilogram dibagikan merata kepada 640 keluarga. Setiap keluarga menerima 4,4 kg. Ini dilakukan berdasarkan kesepakatan seluruh kepala dusun dan ketua RT dengan persetujuan BPD kemudian kami sampaikan kepada Kepala Desa.

“Pak Kades mengizinkan, dengan catatan dilakukan dengan baik dan tidak menimbulkan permasalahan di antara warga. Satu hal yang perlu saya tegaskan tidak ada beras yang diselewengkan,” tegasnya. (Ansori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *