oleh

Polres Lampung Barat Fasilitasi Pelaksanaan Keadilan ‘Restorative Justice’ Perkara Penipuan

Lampung Barat (LB): Polres Lampung Barat memfasilitasi pelaksanaan restorative justice perkara tindak pidana penipuan dan atau penggelapan, di Ruang Rupatama Pratisarawirya Polres Lampung Barat, Jumat (20/1/2023).

Penyelesaian perkara restoratif justice dipimpin Wakapolres Lampung Barat Kompol Robi B Wicaksono didampingi Kapolsek Sumber Jaya Kompol Ery Haffry, Kasi Propam Iptu Edward Panjaitan, Kaurbinops Sat Reskrim Ipda Joni Apriwansyah, Panit Reskrim Polsek Sumber Jaya Ipda Mahmudi, Panit Tipidter, Kasiwas dan Siekum.

Penyelesaian perkara secara restorative justice tersebut dilaksanakan mulai Pukul 10.00 WIB hingga Pukul 12.00 WIB dilakukan korban pelapor atas nama Jali dan terlapor atas nama Eko, sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/B-02/I/2023/Polda LPG/Res Lambar/Sek Sumber/Tanggal 03 Januari 2023.

Dalam perkara ini, kedua belah pihak sepakat melakukan perdamaian tanpa ada paksaan. Pihak korban telah mencabut pengaduannya, tidak melanjutkan perkara melalui proses hukum.

Menurut Wakapolres, perkara ini sudah memenuhi persyaratan secara materil maupun formil untuk dilakukan penyelesaian secara restorative justice dan telah sesuai standar operasional prosedur.

“Perkara ini sudah memenuhi persyaratan secara materil maupun formil untuk diselesaikan di luar pengadilan secara restorative justice seperti yang tercantum dalam Peraturan Polri No. 8 Tahun 2021 tentang Penanganan Tindak Pidana Berdasarkan Keadilan Restorative,” ujar Wakapolres. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *