oleh

Dewi Ramah Mulia Resmi Dilaunching, Kades Harapan Jaya Siap Penuhi 10 Indikator

Bupati Pesawaran (LB): Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran diresmikan sebagai Desa Wisata Ramah Perempuan Dan Peduli Anak (Dewi Ramah Mulia).

Launching Dewi Ramah Mulia ini dilakukan langsung oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona di Bumi Perkemahan Bukit Cendana Desa Harapan Jaya, Kamis (24/11/2022).

Selain Bupati, kegiatan launching ini juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, Kapolres Pesawaran, Kepala Dinas, Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Lampung, perwakilan Bank Lampung, para Kepala UPT, ketua APSI Kabupaten Pesawaran, ketua PWI Kabupaten Pesawaran, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para kader.

TAMPAK Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyaksikan langsung pelepasan bibit ikan di embung Desa Harapan Jaya, Kamis (24/11/2022). (Foto: istimewa)

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penebaran benih ikan (restocking) di embung desa yang dikelola kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung sebanyak 200.000 ekor, rinciannya ikan Jelabat 50 ribu ekor, Nila 50 ribu ekor, ikan Patin 50 ribu ekor dan baung sebannyak 50 ribu ekor.

Saat dihubungi lampungbarometer.id, Jumat (25/11/2022), Kepala Desa Harapan Jaya S. Cokroaminoto mengatakan peluncuran Dewi Ramah Mulia merupakan sebuah bentuk komitmen Desa Harapan Jaya dalam mendukung Pemkab Pesawaran mengembangkan destinasi wisata.

Oleh sebab itu, dia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Pesawaran yang telah memberikan dukungan secara langsung dengan meresmikan Desa Wisata Ramah Perempuan Dan Peduli Anak Desa Harapan Jaya.

“Alhamdulillah Dewi Ramah Mulia sudah dirilis secara resmi oleh Bapak Bupati. Kami seluruh masyarakat Desa Harapan Jaya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang telah memberikan dukungan dan berkenan melaunching secara resmi. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” ucap Kades S. Cokro Aminoto, Jumat (25/11/2022).

KETUA TP PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi turut hadir mendampingi Bupati dalam launching Desa Wisata Ramah Perempuan Dan Peduli Anak (Dewi Ramah Mulia) Desa Harapan Jaya. (Foto. Istimewa)

Selanjutnya Cokro juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pesawaran yang telah memberikan bantuan berupa beras dampak inflasi Covid-19 kepada UMKM juga bantuan insentif untuk para kader, yakni kader PKL kader PKK, kader lansia, dan kader remaja.

“Semoga bantuan dan insentif yang diberikan akan membuat para kader semakin semangat untuk meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat,” bebernya.

Berkaitan dengan Dewi Ramah Mulia, Cokro Aminoto menegaskan akan berupaya maksimal untuk memenuhi 10 Indikator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak sehingga di masa depan Desa Harapan Jaya menjadi destinasi wisata yang aman, nyaman dan ramah terhdap perempuan dan anak.

“Kami akan berupaya untuk memenuhi 10 indikatornya, di antaranya pengorganisasian perempuan dan anak di desa, seperti pengorganisasian PKK, organisasi remaja, forum anak serta berupaya mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak di Desa Harapan Jaya,” katanya.

“Kami juga akan mencegah terjadinya perdagangan orang serta memastikan semua anak mendapat pengasuhan yang baik yang berbasis anak serta mengupayakan tidak terjadi perkawinan di usia anak-anak. Ini menjadi target kerja kita sehingga Desa Harapan Jaya benar-benar menjadi Dewi Ramah Mulia,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut Cokro Aminoto menyampaikan pihaknya berupaya meningkatkan persentase perempuan wira usaha, seperti UMKM, kelompok usaha, serta unit-unit usaha yang dikelola perempuan.

“Kami juga terus berupaya meningkatkan persentase perempuan wira usaha sehingga akan menguatkan ekonomi keluarga. Saat ini sudah cukup banyak usaha yang digerakkan kaum perempuan seperti UMKM, kelompok-kelompok usaha dan unit usaha. Nah persentase inilah yang akan kita tingkatkan,” katanya. (AK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.