oleh

Gubernur Lampung Terima Kunjungan Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional

Bandar Lampung (LB): Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima kunjungan Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional, Kamis (17/11/2022) malam, yang akan melakukan pengawasan terhadap Operasi Bedah Jantung Terbuka perdana di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM).

Kunjungan Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional tersebut bersama jajaran Tim Bedah Jantung Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) dan Tim dari RSUDAM. Mereka melakukan bedah jantung perdana pada Pukul 08.00, hari ini (Jumat 18/11/2022).

Arinal menyambut baik segera dilakukan pelayanan operasi jantung terbuka perdana itu.

“Demi rakyat Lampung, saya mendukung penuh program yang akan diawasi langsung Tim Pengampu Kardiovaskuker Nasional ini,” ujar Arinal.

Gubernur Arinal mengatakan ini merupakan hal penting agar di masa depan masyarakat yang memiliki keluhan penyakit jantung tidak perlu ke luar Provinsi Lampung untuk operasi jantung.

Arinal juga berharap agar tidak hanya pelayanan operasi jantung yang mendapat perhatian Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional.

“Saya berharap Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional juga dapat memberikan evaluasi mengenai pelayanan kerja maupun kinerja paramedis,” ujar Arinal.

Jajaran dokter yang akan melakukan Operasi Bedah Jantung Terbuka dari Tim Pengampu Layanan Kardiovaskuler Nasional antara lain :
1. Dr. dr. Hananto Andriantoro, Sp.JP (K) sebagai ketua tim pengampu layanan Kardiovaskuler Nasional;
2. Dr. Sugisman SpBTKV (K) sebagai ketua tim bedah terbuka;
3. Dr. Lisa sanjaya, Sp.An, KAKV sebagai ketua tim dokter anestesi ;
4. Dr. Ardiyan, Sp.An, KAKV, KIC sebagai ketua tim dokter anestesi pascaoperasi;
5. Ns. Anthoneta Paliama, S.Kp sebagai perawat bedah;
6. Ns. Agung Dwi N, S.Kep., Ners sebagai perawat bedah;
7. Deni Misbach, AMK sebagai perawat anestesi;
8. Ns. Ayudhia Putri, S.Kep, Ners sebagai perawat anestesi;
9. Ali Sujana, AMK sebagai perawat ICU;
10. Dr. Fauzi Satria sebagai perwakilan pelayanan RS Harapan Kita;

Sedangkan Tim Dokter Operasi Bedah Jantung dari RSUD Abdul Moeloek antara lain :
1. Dr. Riana Handayani, Sp.JP (K) sebagai kepala instalasi Pelayanan Jantung Terpadu;
2. Dr. Roni Mario, Sp.JP (K) DPJP Jantung;
3. Dr. Sigit Pratama, Sp.JP;
4. Dr. M. Danasha Utomo, Sp.BTKV;
5. Dr. Putu Junita, Sp.An, KIC;
6. Dr. Ade Aria, Sp.An.

Dr .dr. Hananto Andriantoro, SpJp. menyampaikan kehadirannya adalah untuk mendukung pelayanan kesehatan program Kementerian Kesehatan yaitu Program Pengampuan Rujukan Kardiovaskuler Nasional.

“Misi utamanya adalah untuk meratakan pelayanan kesehatan, dan menyamakan kualitas pelayanan,” ujar Hananto.

Dia juga menjelaskan Program Pelayanan Operasi Bedah Jantung Terbuka adalah untuk mempercepat akses pasien yang terkena serangan jantung untuk mendapatkan pelayanan, dan sebagai upaya menurunkan angka kematian disebabkan serangan jantung.

Dukungan Gubernur merupakan unsur yang sangat penting dalam keberlangsungan berjalannya pelayanan Layanan Operasi Jantung Terbuka.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD dr.H. Abdoel Moeloek Lukman Pura mengucapkan terima kasih kepada Gubernur yang telah menerima Tim Bedah Jantung RSJPDHK.

“Saat ini tengah dibangun fasilitas Modular Operating Theater (MOT) yang akan difungsikan sebagai Gedung Operasi Jantung, dan akan menjadi yang terbaik di Provinsi Lampung,” ucap Lukman. (adp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.