oleh

Pramuka Peduli, Ka-Kwarda Lampung Nunik Kunjungi Kwarcab Way Kanan

WAY KANAN (LB): Ketua Kwarda Lampung, Hj. Chusnunia Chalim yang juga Wakil Gubernur Provinsi Lampung mengunjungi Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan dalam rangka menyampaikan Program Bank Sampah Pramuka Peduli di Kampung Negeri Baru, Kecamatan Umpu Semenguk, Minggu (27/3/2022).

Dalam kunjungan ini Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) disambut langsung Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan Ali Rahman beserta jajaran Pengurus Masa Bhakti 2021-2026, Minggu (27/3/2022).

Dalam sambutannya Nunik memberikan apresiasi terhadap Program Bank Sampah yang telah digerakkan Pramuka Way Kanan karena sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Lampung akan memberi bantuan untuk mendukung program ini. Kami juga mengajak untuk bersama menuju Pramuka digital dengan terus eksis di era digital saat ini,” ujar Nunik.

Sementara itu, Ka Kwarcab Way Kanan Ali Rahman berharap Gerakan Pramuka menjadi solusi dalam upaya mencari solusi persoalan yang semakin kompleks sehingga menjadikan Gerakan Pramuka semakin kuat serta maju dalam menjalani masa depan yang lebih baik.

“Saat ini penggunaan narkoba dan minuman keras, tindak kekerasan, kejahatan seksual dan berbagai hal negatif lainnya justru banyak melibatkan kaum muda. Ini tentu menjadi tanggung jawab semua komponen bangsa, termasuk gerakan Pramuka,” ungkap Ali Rahman.

Dia mengatakan Kwarcab Way Kanan memiliki komitmen mencapai visi Gerakan Pramuka sesuai UU Nomor 12 Tahun 2019 dengan bekerja keras dan menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholder: pemerintah, dunia usaha, serta segenap lapisan masyarakat.

“Kami laporkan jumlah peserta didik di Satuan Gugus Depan 12.000 usia siaga, 48.000 usia Penggalang, 16.000 usia Penegak-Pandega yang terdiri dari 630 Gugus Depan, 53 Andalan, 21 orang Pelatih Pembina dan terdiri dari 14 Kwartir Ranting,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan Program Pramuka Peduli melalui Bank Sampah saat ini masih konsisten memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan memberikan solusi pembuangan sampah,” jelas Ali Rahman.

Dia juga berharap agar gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan mendapat arahan dari Ketua Kwarda Lampung terkait pembangunan karakter bangsa, sehingga dapat memahami dan menghayati Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

“Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka adalah kunci dalam menyongsong masa depan yang lebih baik demi mewujudkan Way Kanan Unggul dan Sejahtera serta Lampung Berjaya.” (dewan)