oleh

Police Goes To School Satlantas Polres Pesawaran, Beri Edukasi Tertib Berlalulintas di SMPN 2 Pesawaran

PESAWARAN (LB) : Satuan Lalu-Lintas Polres Pesawaran melalui Kanit Kamsel, Aiptu Sri Gunawan dan Briptu Ponco melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas di SMPN 2 Pesawaran Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Selasa (29/03/2022).

Pada kesempatan tersebut Aiptu Sri Gunawan menjelaskan kepada siswa, kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan di jalan Raya Way Ratai.

Pasalnya dari beberapa peristiwa kecelakaan yang terjadi, menurut dia banyak sekali terjadi pada remaja yang masih duduk dibangku sekolah.

“Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya way ratai. Dari beberapa kecelakaan yang terjadi banyak sekali yang melibatkan anak usia sekolah,” ujarnya.

Kanit Kamsel ini juga menjelaskan, anak-anak se usia siswa dan siswi SMPN 2 Pesawaran ini belum layak untuk menggunakan kendaraan roda dua.

Selain itu, masih banyak syarat untuk menggunakan kendaraan, yakni sehat jasmani dan rohani, mahir menggunakan kendaraan, menggunakan helm dan berusia 17 tahun.

“Adik-adik semua yang ada di sekolah ini, belum dianjurkan untuk mengendarai kendaraan, dikarenakan belum memenuhi syarat untuk berlalu-lintas. Bahkan harus memenuhi semua syarat yang saya sebutkan di atas tadi,” tambahnya

Masih kata Sri Gunawan, semua ini perlu disosialisasikan, agar semua siswa mengetahui tata cara dan syarat untuk berlalu-lintas. Sebab, siswa -siswi tentu mempunyai cita-cita yang tinggi dan berguna bagi Nusa dan bangsa.

“Sosialisasi ini dilakukan, agar semua siswa dan siswi aman dalam berlaku-lintas. Sebab, adik-adik semua pasti mempunyai cita-cita yang tinggi. Coba kalau sudah menjadi korban kecelakaan dan mengakibatkan fatal, sudah pasti semua cita-citanya tidak tercapai,” jelasnya.

Kepala SMPN 2 Pesawaran, Riya Afrida, S.Pd.,MM berterimakasih kepada pihak Satuan Lalu-Lintas Polres Pesawaran yang telah memberikan penjelasan kepada anak didiknya, agar tertib berlalu-lintas dan tahu syarat-syarat untuk mengendarai sepeda motor.

“Saya berterima-kasih kepada pihak Lalu-lintas Polres Pesawaran yang telah memberikan penjelasan dan arahan tentang pentingnya tahu tertib berlalu-lintas,” ungkapnya.

Dengan sosialisasi ini sambung Riya, diharapkan dapat menjadi pengetahuan siswa, hingga menekan angka kecelakaan yang melibatkan anak usia sekolah.

“Dengan adanya sosialisasi ini sudah pasti akan menekan angka kecelakaan yang melibatkan anak usia sekolah,” tandasnya. (Pernong)