oleh

Mantap! SMK Al Fajar Kasui Masuk Seleksi SMK PK Tahap I 2022, Satu-Satunya Se-Way Kanan

WAY KANAN (LB): Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Fajar Kasui Way Kanan masuk seleksi SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) Tahap 1 Tahun 2022 Bidang Agribisnis dan Agroteknologi.

SMK Al Fajar menjadi satu-satu SMK asal Kabupaten Way Kanan yang masuk seleksi SMK Pusat Keunggulan Tahap I Tahun 2022 bersama 8 SMK lainnya yang berasal dari kabupaten/kota se-Provinsi.

Kepada Media Lampungbarometer.id Kepala SMK Al Fajar Kasui Purwaningsih, S.Pd., M.M. mengungkapkan penetapan SMK Al Fajar Kasui sebagai SMK Pusat Keunggulan, tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 12/D/O/2022 yang ditetapkan di Jakarta pada 14 Maret 2022.

“Sesuai dengan SK Dirjen Vokasi Kemendikbud Ristek Nomor 12/D/O/2022 tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Tahun 2022 Tahap I yang ditandatangani Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Dr. Wartanto,” ungkap Purwaningsih.

SMK Al Fajar Kasui Kabupaten Way Kanan terus menjaga eksistensi dan prestasi untuk terus bersaing di dunia pendidikan. Terkini, SMK ini menjadi satu-satunya di Way Kanan yang masuk seleksi SMK PK Tahap 1 dari Kemendikbudristek.

Selanjutnya dia mengaku bangga dan sangat bersyukur sebab SMK Al Fajar Kasui merupakan satu-satunya SMK yang berasal dari Kabupaten Way Kanan yang masuk seleksi SMK Pusat Keunggulan Tahap I Tahun 2022.

“Tentu kami merasa bangga dan bersyukur sebab SMK kami masuk dalam seleksi SMK Pusat Keunggulan Tahap I Tahun 2022 yang dilaksanakan Ditjen Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia. Ini menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi kami sekaligus bukti bahwa sekolah ini bisa bersaing dan layak untuk menjadi pilihan calon siswa,” ujar wanita berjilbab ini.

Menurut dia, keberhasilan ini adalah buah dari kerja keras bersama seluruh tim sekolah, sekaligus menjadi sebuah tantangan untuk menjadi lebih baik di masa mendatang.

“Ini jadi tantangan bagi sekolah kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Al Fajar,” katanya.

“Untuk Tahap I ini ada delapan sekolah di Provinsi Lampung yang masuk seleksi. Khusus Kabupaten Way Kanan, sekolah kami satu-satunya yang lolos seleksi. Bagi kami ini merupakan capaian yang luar biasa, semoga ini jadi pijakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah sehingga menjadi lebih baik di masa mendatang,” ujarnya.

Berdasar lampiran Surat Keputusan SMK Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan Tahap I terdapat 200 SMK di Indonesia yang dinyatakan masuk seleksi. Khusus untuk Provinsi Lampung terdapat 8 sekolah.

Berikut daftar SMK di Provinsi Lampung yang masuk seleksi SMK Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan (PK):

1. SMK Al Fajar Kasui Way Kanan
2. SMKN 7 Bandar Lampung
3. SMKN 1 Pekalongan Lampung Timur
4. SMKN 1 Talang Padang Tanggamus
5. SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo Lamteng
6. SMK Muhammadiyah Abung Semuli Lampung Utara
7. SMK Muhammadiyah Gisting Tanggamus
8. SMK Muhammadiyah Way Sulan Lamsel. (AK)