oleh

Lomba Kampung Salah Satu Upaya Pemerintah Ketahui Kesejahteraan Masyarakat

BLAMBANGAN UMPU (lampungbarometer.com): Perlombaan kampung merupakan salah satu upaya pemerintah mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat dan daya saing kampung. 

Demikian disampaikan Bupati Kabupaten Way Kanan Raden Adipati Surya saat Pelaksanaan dan Penilaian Lomba Kampung Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018 yang dilaksanakan di Kampung Bumi Baru Kecamatan Blambangan Umpu, Selasa (7/8/2018).

Menurut Bupati, tujuan digelarnya kegiatan ini antara lain: pertama mendorong usaha percepatan pembangunan masyarakat yang didukung dengan pendanaan yang cukup besar baik yang bersumber dari APBD maupun APBN.

Kedua memacu dan memotivasi kampung untuk mengutamakan tertib administrasi dalam rangka memberikan pelayanan dan pengayoman dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat. Ketiga meningkatkan aktivitas dan kreativitas perangkat kampung dalam membina masyarakatnya sebagai sumber daya manusia yang potensial dalan segala bidang. 

“Keempat meningkatkan pengelolaan keuangan kampung, termasuk pendayagunaan dana pembangunan kampung yang bersumber dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten agar lebih mendorong pelaksanaan pembangunan dan pelayanan umum untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di perkampungan,” kata Bupati. 

Bupati juga menyampaikan Pelaksanaan dan Penilaian Lomba Kampung Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018 ini telah melalui proses penilaian dan evaluasi berjenjang, mulai tingkat kecamatan sampai tingkat kabupaten, sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Kampung dan Kelurahan.

Menurut Bupati, salah satu komitmen yang dilakukan pemerintah adalah mendorong percepatan pembangunan di kampung/desa karena kemajuan suatu daerah sangat bergantung dari kemajuan kampung/desa di daerah tersebut.

“Komitmen pemerintah ini tentunya tidak akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pembangunan tanpa dukungan seluruh komponen yang ada di kampung,” katanya. 

Dengan pelaksanaan lomba kampung ini diharapkan semua komponen masyarakat dari semua unsur yang ada di kampung membaur dan melibatkan diri guna menunjukkan tingkat kemajuan dan partisipasi masyarakat secara utuh.

“Harapan kita semua adalah bagaimana keseharian kampung akan tercermin saat penilaian lomba kampung ini,” kata Bupati. 

Kegiatan Penilaian Lomba Kampung ini dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Theresia Sormin, S.H, Wakil Bupati Edward Antony, Forkompimda, para pejabat di lingkungan Pemkab Way Kanan, Camat dan Kakam se-Kabupaten Way Kanan. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.