oleh

Layanan Prima, Bank BRI Cabang Kalianda Lakukan Edukasi Digital Pada Nasabah

LAMPUNG SELATAN (LB): Bank BRI Cabang Kalianda Kabupaten Lampung Selatan terus berkomitmen memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan Pimpinan Cabang (Pinca) Bank BRI Kalianda, Jamali, mendampingi Kepala Bagian Bank BRI Wilayah Lampung Dwijo, kepada Media Lampung Barometer saat ditemui di kantornya Jl. Kesuma Bangsa, Kalianda, Lampung Selatan, Senin (28/3/2022), sekitar Pukul 14.30 WIB.

Menurut Jamali, sebagai bentuk pelayanan prima kepada nasabah, Bank BRI Cabang Kalianda juga memberikan edukasi pelayanan digital kepada masyarakat, khususnya nasabah Bank BRI.

“Saat ini kan era digital. Nah, BRI sebagai Bank milik pemerintah juga terus mengembangkan diri, salah satunya melalui layanan berbasis digital, di antaranya aplikasi BRI mo (layanan banking) atau aplikasi QRIS yakni aplikasi pembayaran,” katanya.

“Contohnya aplikasi QRIS. Dengan aplikasi ini kita tidak lagi membayar dengan uang tunai. Cukup buka aplikasi, lalu tuliskan nominal yang akan dibayarkan maka pembayaran langsung beres. Dengan aplikasi ini, transaksi pembayaran jadi lebih cepat, serta kita bisa membayar dengan jumlah pas, sehingga tidak ada uang kembali (susuk, red) jadi lebih efektif,” ujarnya menjelaskan.

KEPALA Bagian Bank BRI Wilayah Lampung (paling kanan) didampingi Pimpinan Cabang Bank BRI Kalianda Jamali (berkaca mata) bersama dua stafnya saat menerima Media lampungbarometer.id (grup Barometer.id) di kantornya, Senin (28/3/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai Bank milik pemerintah, BRI juga terlibat dalam penyaluran dana bantuan sosial yang dikucurkan pemerintah, seperti Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau PKH.

“Untuk penyaluran dana bansos tersebut, kita jalankan sesuai SOP dan aturannya. Kita juga tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap ayah tiga anak ini.

Ditanya tentang tugas dan wewenang Bank BRI dalam penyaluran dana bantuan sosial (bansos) Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau lebih dikenal dengan bantuan UMKM yang digulirkan Pemerintah, dia mengatakan posisi Bank BRI adalah sebagai juru bayar.

“Kalau terkait dengan dana sosial, seperti BPUM, BPNT atau PKH, Bank BRI itu hanya sebagai juru bayar. Begitu daftar penerima masuk ke kami dan dana dari Kementerian turun, ya kita salurkan. Jadi BRI tugasnya adalah juru bayar. Untuk yang lain-lain, itu bukan wewenang kami,” ujar Kepala Cabang Bank BRI Kalianda yang sudah menjabat selama 15 bulan ini.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bagian Bank BRI Wilayah Lampung Dwijo yang juga hadir dalam diskusi ini.

“Apa yang disampaikan itu benar adanya. BRI adalah bank-nya masyarakat, tentu kita akan berikan pelayanan terbaik. Kita juga sudah memberi instruksi kepada semua pegawai BRI untuk melaksanakan tugas dengan baik. Dan ini kita awasi. Kalau terkait program pemerintah yang tadi disebutkan, posisi kita adalah kasir. Tugas kita hanya menyalurkan kepada penerima,” katanya.

Dalam pertemuan ini Pimpinan Bank BRI Cabang Kalianda Jamali didampingi pegawai bagian Operasional Bansos Alfikri Akbar dan Bayu Herdiansyah. (tontoni/AK)