oleh

KPU Harus Tegak Lurus, Netral Dan Tidak Main-Main dengan Anggaran

ANGGOTA KPU Provinsi Lampung Ismanto, S.Th.I didampingi Ketua KPU Kabupaten Pesawaran Yatin Putro Sugino, Jumat (17/1/2020).

PRINGSEWU (lampungbarometer.id): Anggota KPU Provinsi Lampung Ismanto, S.Th.I., menegaskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus tegak lurus, melaksanakan tugas sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku dan tidak bermain-main dengan anggaran.

“Jika ada calon atau pihak tertentu yang meminta bertemu, jangan ketemu di hotel, restoran atau di tempat lain tapi adakan pertemuan di Kantor KPU. Hal ini untuk menjaga semua berjalan sesuai peraturan perundang-undangan,” kata Ismanto saat menjadi pemateri dalam Kegiatan Sosialisasi Pencalonan Bupati Dan Wakil Bupati Pilkada Tahun 2020 Kabupaten Pesawaran di Regency Hotel Pringsewu, Jumat (17/1/2020).

Dia juga menegaskan KPU harus bersikap netral dan adil terhadap semua calon, tidak boleh berat sebelah. Selanjutnya dia berharap segala peraturan terkait pencalonan dapat dipahami.

“KPU harus bersikap adil terhadap semua calon, tidak bertindak berat sebelah,” tegasnya.

Dia menambahkan, regulasi dan peraturan terkait tahapan Pilkada dijelaskan dalam PKPU No. 16 Tahun 2019, sedangkan untuk aturan mainnya adalah PKPU No. 18 Tahun 2019.

Untuk anggaran pelaksanaan tahapan Pilkada, Ismanto mengungkapkan dana penyelenggaraan Pilkada berasal dari APBD yang dihibahkan kepada KPU.

“Untuk KPU Pesawaran dianggarkan Rp 28 milyar. Setiap penggunaannya harus jelas karena ini uang negara. Jangan main-main dengan dana APBD ini. Gunakan sesuai dengan aturan mainnya dan laporannya harus jelas,” katanya.

Terkait Alat Peraga Kampanye (APK); baner, foster, dan spanduk baru boleh dipasang saat masa kampanye, yakni tiga hari setelah penetapan calon.

Ditanya peraturan pelaksanaan Pilkada yang baru, dia mengatakan belum keluar. Namun jika mengacu pada kampanye sebelumnya, kata dia, APK-nya difasilitasi KPU dengan anggaran yang sudah ada. Desainnya oleh peserta dengan persetujuan KPU.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Pesawaran siap melaksanakan tahapan Pilkada Kabupaten Pesawaran sesuai aturan perundang-undangan.

“Kita siap bekerja sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaki. Kita siap 24 jam. Untuk anggaran memang sudah kita sampaikan kepada masyarakat,” kata Yatin. (AK).