oleh

Kades Sukadana Ilir Libatkan Warga dalam Membangun Desa

KADES Sukadana Ilir Hamami berdiskusi dengan Tim lampungbarometer.id, Sabtu (11/1/2020). (Foto Ersan Holid).

LAMPUNG TIMUR (lampungbarometer.id): Desa Sukadana Ilir manfaatkan Dana Desa untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Demikian ditegaskan Kepala Desa Sukadana Ilir Hamami, M.M. saat diskusi dengan lampungbarometer.id di ruang kerjanya, Sabtu (11/1/2020).

Hamami juga mengungkapkan saat ini pihaknya sedang membangun Balai Jejamo Waway Sukadana Ilir (balai desa) agar bisa menjadi tempat yang kondusif bagi seluruh aparatur desa.

Berdasar pantauan lampungbarometer.id, tampak para tukang sedang bekerja memasang kramik untuk ruang Kepala Desa, Sekdes, LPM, Kaur-Kaur. Selain itu, juga dibangun ruang pertemuan sesuai standar dengan kapasitas 500 orang.

Para tukang sedang mengerjakan calon ruang Kepala Desa. (Foto Ari Vanzona).

“Saat ini kita sedang berjuang bersama-sama masyarakat untuk membangun Desa Sukadana Ilir ini menjadi desa yang maju, makmur dan sejahtera. Konsep kita jelas, bagaimana tiga tahun ke depan desa ini sudah terlihat asri dengan sumber PAD yang jelas,” ujar Kades yang baru menjabat selama dua tahun ini.

Lebih lanjut dia mengatakan saat ini sedang membangun ruang terbuka hijau yang nantinya bisa digunakan oleh masyarakat secara gratis.

“Ini baru kita mulai pembangunannya, nanti kita akan bangun tempat fitness di sini. Sementara drainase saluran airnya akan kita manfaatkan untuk memelihara ikan gurame sehingga nantinya bisa menghasilkan,” katanya.

Kades Hamami sedang menunjukkan lokasi Ruang Terbuka Hijau yang saat ini sedang dalam pengerjaan.

Dia juga mengungkapkan pada 2021 mendatang akan dibangun embung yang diharapkan sebagai salah satu sumber PAD Desa.

“Nanti akan kita bangun embung desa, yang nantinya diharapkan bisa menjadi sumber PAD.”

Terkait dana desa, dia mengatakan pihaknya selalu terbuka dengan anggaran dan bisa diakses oleh siapapun. Untuk Dana Desa digunakan sesuai peruntukannya; untuk infrastruktur, pemberdayaan, pemerintahan dan sosial masyarakat.

Taman bermain ini dibangun menggunakan dana Gerbang Indah. (Foto Ari Vanzona).

“Untuk Dana Desa bisa diakses siapa saja dan tidak kita tutup-tutupi. Sebagai kepala desa, saya dibantu aparatur desa hanya melaksanakan program masyarakat. Dan saya terbuka dengan siapa saja, termasuk media. Media adalah mitra yang juga punya peran penting dalam pembangunan desa,” katanya. (Ersan Holid)